Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Atlet Berprestasi Akan Menjaga Sportivitas, Ini Penjelasan Wako Pariaman

Sabtu, 13 November 2021 | 15:17 WIB Last Updated 2021-11-13T08:17:14Z

Wali Kota Pariaman Genius Umar bersama Pengurus KONI di GOR Rajo Bujang. (foto.dok.Kominfo)



Kota Pariaman - Dalam sebuah pertandingan olah raga maupun kejuaran lainnya dari seorang atlet itu menjaga sportivitas. Ini akan membawa atlet yang berprestasi.


Hal itu disampaikan Walikota Pariaman Genius Umar ketika membuka kejuaraan senior dan junior Tarung Derajat tingkat Kota Pariaman di GOR Radjo Bujang, Kota Pariaman, Sabtu (12/11/21).


Dikatakanya, bela diri tarung derajat merupakan cabang olahraga yang patut dibanggakan karena mampu menjadi peserta pekan olahraga daerah, PON, dan Asian Games. Tentu, melalui kejuraaan ini, Kota Pariaman telah mempunyai atlet bela diri tarung derajat yang luar biasa dan mampu mengharumkan nama Kota di setiap pertandingan yang diikuti nantinya.


Menurut mantan Wawako itu,  Tarung Derajat merupakan seni bela diri khas suku Sunda berasal dari Indonesia yang diciptakan Achmad Dradjat. Ia mengembangkan teknik melalui pengalamannya bertarung di jalanan pada tahun 1960-an di Bandung. Tarung Derajat secara resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai latihan bela diri dasar TNI Angkatan Darat dan Brigade Mobil Polri.


“Kepada atlet agar selalu mengikuti latihan secara sungguh-sunguh dan penuh semangat. Sehingga para atlet bela diri tarung derajat untuk Porprov 2022 nanti, akan kembali mengukir prestasi dan menjadikan Kota Pariaman sebagai juara umum nantinya“ harap Wako Genius Umar. 


Sementara itu, Ketua Harian Tarung Derajat Kota Pariaman sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan Syahrizal menyebutkan bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat atlet tarung derajat dan sekaligus latihan menghadapi beberapa event yang akan datang. 


“Tarung derajat di Kota Pariaman berdiri sejak 5 Agustus 2007 lalu. Sejak berdirinya, kita sudah mulai aktif mengikuti beberapa kegiatan, antara lain pada Tahun 2008, Tarung derajat Kota Pariaman mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) di Kabupaten Solok, Tahun 2010 pada  Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) dan meraih juara umum III. Dari Tahun 2011 sampai 2017, tarung derajat Kota Pariaman bertahan pada posisi juara umum sebanyak 9 kali baik pada Kejurda maupun Porprov“ ungkapnya.


Ia  menambahkan ada 35 kelas putra dan putri pada kejuaran dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini. Peserta kejuaran terdiri dari semua atlet tarung derajat di Kota Pariaman baik yang junior maupun senior.


Pada kesempatan ini, Tarung Derajat Kota Pariaman juga mengucapkan banyak terima kasih kepada sponsor yang telah membantu kegiatan, sehingga bisa terlaksana sebagaimana mestinya.


Pembukaan kejuaraan senior dan junior Tarung Derajat tingkat Kota Pariaman Tahun 2021 ini, juga dihadiri Ketua KONI dan Pengurus Tarung Derajat Kota Pariaman, Disdikpora Kota Pariaman dan para mantan atlet tarung derajat yang sekaligus menjadi sponsor kegiatan ini.(wi-saco).


ADSEN KIRI KANAN