Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Aplikasi NAGITA Terkenal, Disdukcapil Padang Pariaman Menjadi Studi Tiru

Rabu, 24 November 2021 | 20:47 WIB Last Updated 2021-11-24T13:47:07Z




Wabup Drs.Rahmang,MM salam komando dengan Wali Kota Dumai diwakili Asisten Administrasi Umum Muhammad Syafi'i usai penandatangan MoU. (foto.dok.pro)


Parik Malintang - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Padang Pariaman terus bergerak dengan berbagai terobosan inovasi program Aplikasi Digital melayani masyarakat. Yakni inovasi terpopuler program Digitalisasi melalui Aplikasi berlabel "Nagari Go Digital (NAGITA)".


Untuk lebih termotivasi para ASN, maka diselenggarakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 2 Inovasi NAGITA ini, sekaligus Pencanangan Pekan Dukcapil Tingkat Sumatera Barat. Juga adanya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) replikasi inovasi NAGITA antara Bupati Padang Pariaman dengan Wali Kota Dumai, Riau di Hall Kantor Bupati, Selasa (23/11/21).


Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman Drs.Rahmang, MM mengucapkan selamat telah menjalankan program NAGITA selama 2 tahun. Ia atas nama Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sangat mengapresiasi kinerja dan pengembangan inovasi Dinas Dukcapil.


Kata dia, Dinas Dukcapil melakukan inovasi layanan dalam jaringan (daring) ini, sangat memudahkan layanan administrasi kependudukan (Adminduk) tanpa dibatasi ruang dan waktu. Terus berkembang secara masif, melalui kolaborasi bersama Pemerintah Nagari serta dukungan kebijakan teknis dari Dinas Kominfo bersama Dinas PMD" ucap Rahmang.


Menurut dia, selama 2 tahun perkembangan NAGITA telah membawa wajah pelayanan publik semakin baik dan berkualitas. Kondisi ini, menuntut pembenahan semua aspek pelayanan publik di Kantor Wali Nagari. 


"Hal demikian, Kantor Nagari harus menjadi pusat pembelajaran masyarakat Nagari. Efek perubahan layanan pada Nagari itu sendiri, telah menjadi sasaran objek studi tiru dan komperatif dari luar Padang Pariaman. Bahkan menjadi referensi untuk proses penyusunan kebijakan" jelas Wabup.


Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Muhammad Fadhly, S.AP. MM melaporkan adanya aplikasi NAGITA ini bertujuan memberikan layanan administrasi yang mudah. Kini, sudah tersedia 103 layanan online yang tersebar di seluruh Nagari di Kabupaten Padang Pariaman.


“Replikasi inovasi akan memberi manfaat dan kemudahan kesemua pihak, sehingga menghilangkan kesenjangan layanan publik antara Kota dan Desa. Yakni yang telah membantu mewujudkan NAGITA dan dapat diakses secara cepat keperluan dokumen kependudukan masyarakat” ujarnya.


Fadhly juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama. Seperti Dinas Kominfo, Dinas PMD, dan PT. Pos Indonesia dan Nagari atas terwujudnya Nagari Go Digital yang telah berjalan secara baik dan lancar selama 2 tahun berlalu.


Sedangkan Walikota Dumai diwakili Asisten Administrasi Umum Muhammad Syafi’i, S.Sos. M.Si menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Terutama atas kesediaan bekerja sama memfasilitasi replikasi aplikasi NAGITA untuk diterapkan di Kota Dumai, Provinsi Riau.


“Kami berterima kasih telah dilakukan penandatanganan MoU. Hal itu akan memudahkan kegiatan pencatatan dokumen kependudukan. Telah adanya interaksi antara dua Daerah ini, akan dapat dikembangkan dalam bentuk lain dan dari berbagai sektor" harap Muhammad Syafi'i. 


Sedangkan lokus pencanangan Pekan Dukcapil Provinsi Sumatera Barat tahun 2021 ditetapkan di Kabupaten Padang Pariaman dan Solok Selatan. Pencanangan ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati didampingi Sekretaris Dinas Dukcapil Provinsi Sumbar Putri Reno Sari dan Kadis Dukcapil Muhammad Fadhly. 


Dalam kesempatan itu, PT. Pos Indonesia Cabang Pariaman menyerahkan baju seragam admin layanan NAGITA di Nagari. Penyerahan secara simbolis dengan pemasangan kepada perwakilan admin NAGITA Nagari Balah Aie dan Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu oleh Wakil Bupati Rahmang dan Kepala PT. Pos Indonesia Cabang Pariaman Roza Matra.


Kegiatan ini, juga dihadiri Sekda Rudy Repenaldi Rilis, Kepala OPD, Ketua GOW Yusneli Rahmang,  Pimpinan Bank Nagari Cabang Lubuk Alung Zulhelmi, SE. MM. Camat, Kepala KUA, Kepala Puskesmas dan Wali Nagari, serta admin NAGITA se Kabupaten Padang Pariaman. (r-sa).




ADSEN KIRI KANAN