Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Anggota DPRD Kalsel Ingatkan Pemprov, Jangan Lengah Masalah Lingkungan

Jumat, 12 November 2021 | 13:37 WIB Last Updated 2021-11-12T06:37:35Z

Firman Yusi.


Banjarmasin, fajarharapan.id - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan megingatkan pemerintah provinsi (Pemprov) jangan lengah atau mengabaikan masalah lingkungan hidup.


"Pemprov atau pemerintah daerah (Pemda) setempat segera melakukan reboisasi (penghutanan kembali) dan rehabilitasi tutupan hutan dan lahan yang rusak,” saran ini disampaikan Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kalsel Firman Yusi, Kamis (11/11/2021)


Menurut Firman Yusi, rendahnya Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Kalsel merupakan fakta yang tidak bisa diabaikan, pasalnya banyaknya pasca penambangan, tentunya perlu berbagai upaya untuk perbaikan.


IKLH Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota terburuk dengan angka 57.51 atau menempati urutan 26 dari 34 provinsi di Indonesia.


Optimalisasi perbaikan dan menjaga lingkungan hidup dari kerusakan itu semua sudah diatur dalam Perda No. 2 tahun 2017 tentang rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup Provinsi Kalsel


Lanjutnya, perbaikan pemulihan fungsi sungai dan drainase dari hulu sampai hilir, gerakan perbaikan rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) kritis serta lebih menggalakkan gerakan revolusi hijau. "Hampir setiap tahun Kalsel dilanda banjir di tempat tempat tertentu,"


Semua itu, menghindari banua kita dari darurat dan bencana ekologis yang merupakan bagian dari degradasi lingkungan, seperti banjir yang melanda Kalsel hampir setiap tahun


Firman Yusi menambahkan, ke depan diwacanakan perubahan atas Perda RTRW, Fraksi PKS berharap penataan ruang  lebih memperhatikan aspek lingkungan dan memprioritaskan penataan untuk  pencegahan bencana sebagai akibat dari kerusakan lingkungan


"APBD 2022 dapat mengakomodir usaha-usaha pencegahan perusakan lingkungan, pemetaan kondisi lingkungan dan perbaikan atau pembenahannya," tutup Firman Yusi. (Adz)


ADSEN KIRI KANAN