Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Wabup Padang Pariaman Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Sungai Geringging

Kamis, 07 Oktober 2021 | 17:27 WIB Last Updated 2021-10-07T10:27:13Z

.

Sungai Geringging, fajarharapan.id -
Wakil Bupati Padang Pariaman, Drs. Rahmang, MM Tanggap Responsif meninjau langsung lokasi terjadinya kebakaran hebat yang terjadi di Pasar Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatra Barat.


Peristiwa kebakaran itu terjadi Kamis dini hari (07/10/2021) sekira pukul 01.15 WIB itu, telah menghanguskan 3 unit toko yang menjual kebutuhan sehari-hari dan menjual buah.


Wakil Bupati Rahmang menyebutkan atas nama Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menyampaikan ucapan turut prihatin atas terjadinya bencana kebakaran yang menimpa masyarakat di Pasar Sungai Geringging.


Wabup Rahmang menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan terus berkomitmen dalam membantu masyarakat mengatasi musibah-musibah yang terjadi seperti kebakaran rumah dan lainnya.


Ia berharap adanya bantuan yang diberikan oleh Pemkab ini dapat bermanfaat dan mengurangi beban yang dialami para korban kebakaran.


“Kiranya bantuan ini dapat diterima oleh keluarga dan dapat bermanfaat dalam menjalankan kehidupan kedepannya, jangan berlarut dalam kesedihan dan cepat bangkit" ajak Wabup Rahmang memberikan semangat.


Bantuan yang diserahkan Wabup itu diantaranya barang kebutuhan pokok, pakaian, kasur dan lain-lain.


Selain itu, Rahmang menghimbau kepada seluruh masyarakat agar kiranya dapat menumbuhkan kembali budaya gotong royong terlebih dalam membantu masyarakat yang tertimpa bencana.


Sementara itu, Kapolsek Sungai Geringging, Iptu Anazrul menjelaskan kronologi kebakaran yang hanguskan 3 petak toko di Pasar Sungai Geringging tersebut.


"Kejadian berawal ketika saksi atas nama Sultan Zaki Alkais sedang berada di dalam kedai, yang sedang tidur-tiduran sambil main handphone. Lantas, dia mendengar suara seperti letusan sebanyak 3 kali di depan kedainya," ujar Iptu Anazrul.


Menurut Kapolsek, saksi membangunkan orang tuanya, Yusni dan melihat asal suara letusan tersebut di depan kedai. Yakni di dekat meteran listrik. Ketika itu, Sultan Zaki melihat api sudah membesar. 


"Ia lantas menyelamatkan diri bersama orang tuanya. Kemudian api merambat ke kedai sebelah milik Linda dan Wardiman," ujar Kapolsek mengutip ucapan Zaki.


Dalam memadamkan api di kebakaran tersebut, dikerahkan 6 unit armada pemadam kebakaran. Yakni 4 unit armada dari Kabupaten Padang Pariaman, 1 unit armada dari Kota Pariaman dan 1 unit armada dari Kabupaten Agam.


Petugas Damkar Padang Pariaman mengerahkan 2 unit armada dari Posko Sungai Limau, 1 armada dari Posko Lubuk Alung dan 1 armada dari Limpato untuk membantu memadamkan api.


Menurut Kapolsek tidak ada korban jiwa atas peristiwa kebakaran tersebut, sedangkan Kerugian ditaksir sebanyak Rp 1 miliar.


Selanjutnya, dugaan sementara pihak Polsek Sungai Geringging, api berasal dari korsleting listrik. Tapi, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Unit Reskrim Polsek Sungai Geringging.


Adapun ruko yang terbakar adalah milik Wardiman (48 tahun) menjual obat-obatan (Toko Obat Sumbver Jaya), Yusni (50) tahun, Jualan PMD, dan Linda (45) pemilik Gudang.


Dalam peninjauan tersebut Wabup Rahmang didampingi Erman Malai Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Dinas Sosial Beserta TKSK & Jajaran,  Camat / Wali Nagari beserta jajaran. (r-saco).***




ADSEN KIRI KANAN