Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Pemko Padang Raih Anugerah Parahita Ekapraya 2020

Kamis, 14 Oktober 2021 | 08:39 WIB Last Updated 2021-10-14T01:39:57Z
Pj. Sekdako Padang Arfian memegang piala penghargaan


Padang, fajarharapan.id - Pemerintah Kota Padang menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Madya (Pengembangan) Tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia. Penghargaan ini meningkat dari sebelumnya yang memperoleh kategori pratama (Pemula).


Penghargaan diserahkan secara virtual oleh Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan diterima oleh Pj Sekretaris Daerah Kota Padang Arfian di Aula Abu Bakar Ja'ar, Balaikota Padang, Aie Pacah, Rabu pagi (13/10/2021). 


Pj Sekdako Padang Arfian usai menerima penghargaan tersebut mengaku bersyukur atas penghargaan yang diterima. Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan bentuk hasil kerja keras Pemerintah Kota Padang dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG) di Kota Padang. 


"Alhamdulillah tahun ini kita kembali mendapat penghargaan tingkat nasional. Kali ini melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian PPPA RI atas penghargaan ini," ujar Arfian lebih lanjut. 


Arfian menambahkan, penghargaan yang diterima akan dijadikan tantangan ke depan bagi Pemerintah Kota Padang untuk mendapatkan penghargaan lebih tinggi lagi tingkatannya, yakni kategori utama (peletakan dasar dan keberlanjutan). 


"Dua tahun lalu kita mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Pratama. Alhamdulillah tahun ini kita dapat kategori madya. Kita bertekad untuk tahun yang akan datang mendapat kategori utama," jelasnya optimis.


Pj Sekdako Kota Padang itu juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh SKPD di lingkungan Pemko Padang terkhusus kepada DP3AP2KB Kota Padang yang telah bekerja keras sehingga penghargaan ini dapat diraih. 

"Kami juga ucapkan terim kasih kepada warga Kota Padang yang telah mendukung kegiatan pembangunan di Kota Padang sehingga bebagai torehan prestasi ditingkat daerah maupun nasional dapat terus diraih oleh Kota Padang," pungkasnya.

 

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Kota Padang, Editiawarman mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat kepada Pemko Padang atas keberpihakan terhadap kesetaraan gender sejauh ini di Kota Padang. Hal itu tercermin dalam proses pembangunan yang melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Padang. 


"Bentuk keberpihakan gender yang dilakukan Pemko Padang antara lain, dalam penunjukan pejabat struktural, kemudian dalam pembangunan gedung, adanya tangga yang responsif gender, kemudian dibidang pendidikan, memberikan support dan dukungan kepada perempuan untuk berprestasi," ulasnya.

 

Dikesempatan yang sama, Menteri  PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, perhargaan ini diberikan kepada Pemerintah Daerah yang dianggap berhasil dalam meimplementasikan pengarusutamaan gender dalam program dan kegiatan pembangunan di daerah. 


"APE merupakan tolak ukur untuk melihat kemajuan pembangunan yang beroreantasi pada pembangunan berkeadilan dan kesetaraan gender di Indonesia.  Terdapat 13 kementerian/lembaga, 29 provinsi dan 266 kabupaten/kota yang menerima  APE 2020. Kami berharap jumlah penerimanya di tahun mendatang dapat meningkat," sebut  Menteri  PPPA RI.


Dalam penerimaan penghargaan ini juga turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Padang, kepala OPD dan pihak-pihak terkait lainnya. (ab)

ADSEN KIRI KANAN