Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Pd. Pariaman Jadi Prioritas Mitigasi Bencana, Ini yang Dilakukan BMKG

Kamis, 14 Oktober 2021 | 08:32 WIB Last Updated 2021-10-14T01:32:19Z
.

Pd. Pariaman, fajarharapan.id -  Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Pusat melalui Deputi Instrumentasi Kalibarasi Rekayasa Jaringan dan Komunikasi (Inskalrekjalkom) Dr.Suko Prayitno Adi, M.Si., memberikan bantuan peralatan menghadapi resiko bencana kepada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Peralatan mitigasi bencana itu diterima Sekretaris Daerah Rudy Repenaldi Rilis, S.S.TP, M.M  di Hall Kantor Bupati,  Rabu  (13/10/21).


Dalam penyerahan penyerahan ini dalam rangkaian pembukaan kegiatan mitigasi bencana dalam mendukung program Pencegahan dan Kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi ancaman resiko bencana gempa bumi dan tsunami.


Deputi Instrumentasi Kalibarasi Rekayasa Jaringan dan Komunikasi (Inskalrekjarkom) BMKG Pusat Dr.Suko Prayitno Adi,M.Si menyampaikan bahwa Kabupaten Padang Pariaman menjadi daerah Prioritas bagi BMKG dalam melaksanakan sosialisasi dan simulasi untuk mengahadapi potensi resiko bencana gempa bumi dan tsunami.


Ia beralasan ancaman dari Mentawai Megathrust masih mengintai setiap saat. "Kabupaten Padang Pariaman bisa menjadi percontohan bagi daerah lain dalam menciptakan kesiapsiagaan" harap Deputi Suko Prayitno Adi.


Sekrataris Daerah Rudy Repenaldi Rilis, S.S.TP, M.M mengucapan terima kasih kepada BMKG Pusat yang telah memberikan bantuan untuk menghadapi potensi ancaman Gempa Bumi dan Tsunami.


"Kedepannya, kiranya BMKG tetap memberikan bantuan dan dukungan dalam kegiatan Mitigasi Bencana" minta Rudi.


Sementara Kepala Pelaksana BPBD Padang Pariaman Budi Mulya, ST, M.Eng. menyebutkan adanya bantuan dan kerjasama dengan BMKG ini, akan sangat membantu kita semua di Daerah ini dalam melaksanakan Mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami.


"Semoga semua kegiatan ini bisa meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana bila terjadi nantinya" kata Budi.


Penyerahan secara simbolis dari Deputi Inskalrekjarkom BMKG kepada Sekda dan diteruskan ke Kalaksa BPBD Budi Mulya berupa peralatan WRS InaTews, Peta Rawan Tsunami Padang Pariaman, Tas Siaga Gempa Bumi Tsunami, juga dilakukan pertukaran cendra mata.


Dalam kunjungan kerja Deputi Inskalrekkarkom BMKG Pusat Dr. Suko Prayitno Adi, M.Si ini didampingi Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang (Koordinator BMKG Sumbar), Kepala Stasiun Klimatologi Padang Pariaman, Kepala Stasiun Meteorologi Mingkabau, dan Kepala Stasiun Maritim Teluk Bayur.


Adapun jenis bantuan kegiatan yang dilaksanakan oleh BMKG adalah Kegiatan Comisioning Test Peralatan  dilaksanakan di Kantor BPBD Padang Pariaman Rabu 29 September 2021. Sedangkan kegiatan Sekolah Lapangan Geofisika (SLG) pada 14 Nagari Pesisir Pantai, Rabu - Kamis 13 - 14 Oktober 2021, dan kegiatan BMKG Go To School untuk kegiatan Simulasi di lokasi sekolah Pesisir Pantai berlangsung selama 2 hari Rabu-Kamis 20 - 21 Oktober 2021. 


Dalam kegiatan sosialisasi dan pembukaan mitigasi bencana itu, juga dihadiri Asisten, Staf Ahli, seluruh Kepala OPD, Inspektur dan seluruh Kabag Setda, serta anggota FPRB Padang Pariaman. (suardi)

ADSEN KIRI KANAN