Notification

×

MGID ATAS

Adsen

KPPN Lubuk Sikaping dan Taspen Bukittinggi Rekonsiliasi

Rabu, 13 Oktober 2021 | 19:11 WIB Last Updated 2021-10-13T12:13:53Z

 

Kepala KPPN Lubuk Sikaping dan Kepala PT Taspen Persero Cabang Bukittinggi.


Lubuk Sikaping, Fajarharapan.id

KPPN Lubuk Sikaping dan PT Taspen (Persero) Cabang Bukittinggi telah melaksanakan kegiatan Rekonsiliasi Penerimaan Potongan Pihak Ketiga untuk Catur Wulan II Tahun 2021. Kegiatan itu dilaksanakan di aula KPPN Lubuk Sikaping pada 12 Oktober 2021 lalu.

Kepala KPPN Lubuk Sikaping, Heni mengatakan, rekonsiliasi dilaksanakan dalam rangka penyamaan data Potongan Pihak Ketiga atas potongan yang telah dilakukan oleh KPPN Lubuk Sikaping dan data yang diterima oleh PT Taspen.

Penandatanganan Berita Acara Rekonsiliasi dilakukan oleh Pimpinan PT Taspen (Persero) Cabang Bukittinggi, Ariestania dan Kepala KPPN Lubuk Sikaping, Heni. "Kegiatan ini dilaksanakan sebagai amanah dari Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 156/PMK.05/2019 tentang Dana Perhitungan Pihak Ketiga," terang Heni lagi.

Berdasarkan hasil rekonsiliasi untuk  Mei sampai dengan Agustus 2021, total penerimaan potongan adalah sebesar Rp 1.364.942.533  dengan rata-rata penerimaan perbulannya adalah sebesar Rp 341.235.633. Angka tersebut berasal dari potongan SPM gaji induk dengan menggunakan akun Potongan Pihak Ketiga yang diajukan ke KPPN Lubuk Sikaping. "Besaran angka per bulannya tidak selalu sama dan akan dipengaruhi oleh adanya pegawai yang pindah tugas maupun pensiun," sebutnya lagi.

Pada kesempatan itu, dilakukan juga sosialisasi program layanan yang diberikan oleh PT Taspen (Persero) kepada ASN dan Non ASN. 

Ariestania dalam paparannya menyampaikan,  layanan yang diberikan oleh PT Taspen tidak hanya program Tabungan Hari Tua (THT) dan Program Pensiun yang selama ini dikenal, namun juga ada layanan lain yang diberikan,  yaitu Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

Berbagai manfaat dapat diterima oleh para peserta Taspen. Selain layanan terkait pensiun dan hari tua, peserta juga dapat memperoleh diskon untuk mendapatkan layanan perawatan. "Salah satunya adalah kerjasama dengan Prodia dalam hal pemeriksaan kesehatan dan beberapa merchant seperti Budiman dan Hoki," terangnya.  

Heni menambahkan, bagi para pegawai yang belum memiliki kartu kepesertaan Taspen, tidak perlu khawatir karena akan diproses secepatnya guna lebih merasakan manfaat keanggotaan Taspen. 

Sebagaimana disampaikan bahwa kepesertaan ASN pada Taspen terhitung sejak tanggal pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil.  Sebagai tindak lanjut dari kegiatan dan dalam rangka meningkatkan capaian potongan pihak ketiga di lingkup wilayah bayar, KPPN Lubuk Sikaping akan mulai mendata dan mendaftarkan pegawai Non ASN-nya sebagai peserta Taspen, sehingga baik ASN dan pegawai Non ASN pada KPPN Lubuk Sikaping akan dapat merasakan manfaat layanan dari PT Taspen. (Yuni)

ADSEN KIRI KANAN