Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Hapus Jamban Apung, Walikota Banjarmasin Ganti dengan Tangki Septik Individual

Jumat, 01 Oktober 2021 | 08:34 WIB Last Updated 2021-10-01T01:34:06Z

Perjanjian pergantian jamban apung dengan tangki septik individual bersama warga Kampung Biru, Kalsel.


Banjarmasin, fajarharapan.id- Sejalan dengan program penghapusan jamban apung di sepanjang bantaran sungai Kota Banjarmasin. Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan (PUPR) Bidang Cipta Karya Kota Banjarmasin membangun tangki septik individual yakni bio filter di masing-masing rumah warga di Kampung Biru.


Diketahui, fungsi bio filter ini untuk menampung limbah rumah tangga agar tidak mencemari dan terbuang langsung ke sungai.


"Jadi tidak langsung terbuang di sungai. Tetapi melalui bio filter bisa mengurangi pencemaran sungai kita," ucap Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, Jumat (1/10).


Ia berharap kepada warga setempat untuk menjaga dan merawat fasilitas yang telah diberikan. Agar tercipta lingkungan yang bersih dan terhindar dari pencemaran sungai. 


"Kalau limbah rumah tangga sudah tidak lagi di buang ke sungai termasuk WC, toilet dan sebagainya. Itu di kelola di buang di bio filter berarti pada saat yang sama juga harus di jaga dan di rawat," harapnya.


Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor menambahkan bahwa dengan adanya program bio filter ini. Tentu akan memperbaiki kualitas kebersihan di permukiman yang padat pendudukan di bantaran sungai.


"Insya Allah kalau sudah semua sampai seluruh Kecamatan. Maka akan kita dorong programnya melalui Dinas PUPR di Bidang Cipta Karya," tuturnya. (feb)


ADSEN KIRI KANAN