Notification

×

MGID ATAS

Adsen

63 Unit Rumah di Bima Dilahap Sijago Merah, Kerugian Miliaran Rupiah

Senin, 11 Oktober 2021 | 09:34 WIB Last Updated 2021-10-11T02:35:30Z
Api dengan liar membakar 63 rumah di Dusun Kole, Desa Naru, Kecamatan Sape, Kabupaten Bina, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (10/10/2021). 


Kota Bima, fajarHarapan.id – Sedikitnya 63 rumah di Dusun Kole, Desa Naru, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Minggu (10/10/2021) hangus terbakar. Sekitar 25 rumah bukan saja hangus, bahkan rata dengan tanah.


Dihubungi wartawan, Kapolres Bima Kota AKBP Henry Novika Chandra Melalui Kapolsek Sape Kompol Muslih membenarkan peristiwa kebakaran yang menimpa wilayahnya.


Sumber awal api, kata Muslih, berasal dari pembakaran sampah oleh warga setempat. Percikan api sampah yang ditinggal pergi warga, pengaruh angin kencang sehingga api merambat ke rumah.


“Satu mobil pemadam kami kerahkan. Kemudian, empat mobil tangki. Termasuk tangki dari Wawo kami minta bantuan,” jelasnya Senin (11/10/2021).


Kebakaran sangat cepat, sambungnya, akibat keadaan pemukiman yang padat dan angin kencang, sehingga mudah menyebar hingga puluhan rumah hangus.


Pihaknya saat itu langsung mersepon, bersama sejumlah tim lainnya, mulai dari Camat Sape, Dakmar dan lainnya. Hanya saja kondisi api yang cepat menjalar dan membesar, jadi sulit dijinakan.


“Sekitar dua setengah sampai dua jam, tadi api baru bisa dipadamkan. Empat kali mobil bolak balik, menambah air untuk padamkan api,”sebut Camat Akbar.


Tidak ada korban jiwa atas kebakaran itu, hanya saja katanya, hingga kini belum diketahui dan dipastikan berapa kerugian material yang dialami warganya. Diperkirakan miliaran rupiah.


“Untuk korban jiwa atau luka, infonya belum ada. Untuk kerugian meterial masih dalam pendataan,” katanya. (Hen)

ADSEN KIRI KANAN