Notification

×

MGID ATAS

Adsen


350 Warga Binaan Kelas II B Banjar Baru Divaksin

Jumat, 01 Oktober 2021 | 15:43 WIB Last Updated 2021-10-01T08:43:50Z

Antrian vaksinasi Warga Binaan di Lapas Kelas II B Banjarbaru.


Banjarbaru, fajarharapan.id - Terus gencarkan vaksinasi di lingkungan Kemenkumham, sebanyak 350 narapidana di Lapas Kelas II B Banjarbaru telah divaksinasi. 


Hal ini diutarakan Septa selaku Kasi Binadik Lapas Kelas II Banjarbaru saat ditemui di ruang kerjanya, "Iya benar untuk narapidana kita sudah ada seperempat yang divaksin,"ucapnya. 


Sebagai informasi, Vaksinasi ini sendiri merupakan Instruksi langsung dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI. Jumat (1/10)


Vaksinasi narapidana ini sendiri sebelumnya telah melalui proses yang panjang yakni dimulai dari pendataan narapidana lalu menanyakan kesediaan narapidana untuk divaksin dan yang terakhir adalah proses vaksinasi. 


Sebelumnya Septa mengakui pihaknya kesulitan dalam melakukan pendataan narapidana, mengingat tidak semua narapidana mempunyai KTP (kartu tanda penduduk). "Pendataan narapidana agak sulit dan memakan waktu, karena tidak semua punya KTP,"ucapnya. 


Faktanya , tidak semua narapidana mempunyai KTP, namun Lapas Kelas II B Banjarbaru terbantu dengan sokongan data dari pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Provinsi Kalimantan Selatan. 


"Tidak semua warga binaan punya KTP tapi kan pasti ada NIK ya, jadi kita bisa melacak melalui Dinas Kependudukan,"ungkap Septa.


Tidak hanya terkendala data narapidana, sedikitnya ketersediaan vaksin untuk Kota Banjarbaru juga menjadi salah satu kendala dalam vaksinasi narapidana ini. 


"Stok vaksin untuk Banjarbaru kan setau saya sedikit, jadi ini juga jadi kendala kita sebelum vaksinasi kemaren,"tutur Kasi Binadik Lapas Kelas II B Banjarbaru ini.


Walaupun terkendala beberapa hal, pada akhirnya vaksinasi narapidana ini dapat berjalan dengan lancar.


"Alhamdullilah semua proses sudah dilalui dan sampai sekarang sudah 350 warga binaan yang telah divaksin,"ungkapnya.


Sebagai informasi vaksinasi narapidana di Lapas Kelas II B Banjarbaru ini menyasar 350 narapidana dengan target utama lansia dan warga binaan pembantu utama yang dibantu. (feb)


(editor : Yuniar)


ADSEN KIRI KANAN