Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Tim PKM Politeknik ATI Padang Adakan Pelatihan Virgin Coconut Oil

Senin, 13 September 2021 | 13:51 WIB Last Updated 2021-09-16T06:52:25Z


Suasana PKM Politeknik ATI Padang dengan masyarakat Surantih Pesisir Selatan

Padang, FajarSumbar.com - Pesisir Selatan, 11 September 2021, Sebagai salah satu program pengabdian kepada masyarakat (PKM), Politeknik ATI Padang melakukan pelatihan pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dengan teknologi bioproses di Nagari Surantih Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.


Turut hadir pada acara ini, Wali Nagari Surantih Amsuardi, Kepala Jorong Sungai Sirah  Jon Lismen. sedangkan dari Politeknik ATI Padang Pudir I Dr. Harmiwati, N.H., ST., MT., kemudian Ketua program (PKM) Eko Supriadi, MT., Ketua Program Studi Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan (TRBET) dan dosen- dosen tim PKM.


Seperti diketahui bahwa Sungai Sirah memiliki banyak potensi perkebunan, diantaranya adalah kelapa. Saat ini penggunaan kelapa sebagian besar untuk konsumsi pangan sehari-hari. Sangat sedikit sekali produk olahan kelapa dibuat dalam skala rumahan di daerah ini, ujar Pudir I Dr. Harmiwati, N.H., ST., MT, dalam pres realis yang diterima FajarSumbar.Com, Senin, (13/09/2021).


Menurut Harmiwati, dengan adanya pelatihan VCO ini diharapkan kelapa yang dihasilkan dari perkebunan lokal dapat diolah menjadi produk yang bernilai jual tinggi, Salah satunya adalah VCO. Pembuatan VCO dilakukan dengan peralatan yang mudah didapat dan bahannya pun mudah ditemukan. "Dengan peralatan dan bahan yang tepat guna, para ibu-ibu kelompok desa Sungai Sirah dapat mengolah kelapa menjadi VCO dan menambah pendapatan mereka", imbuhnya.


Peserta pelatihan kali ini, dibagi menjadi empat kelompok, masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk ikut mempraktekkan cara pembuatannya. Peserta yang hadir cukup antusias dengan memberikan pertanyaan dan aktif dalam diskusi. Begitu juga mahasiswa yang terlibat dalam acara ini merasa optimis bahwa kegiatan ini dapat berguna bagi kesejahteraan kampung mereka.


Sementara itu, Wali Nagari Surantih Amsuardi, sangat bersyukur bahwa pemerintah peduli dalam mendukung kewirausahaan mandiri di Pesisir Selatan, terutama di saat pandemic ini. Dengan program ini ia berharap agar dapat mendukung peningkatan kesejahteraan di Desa Sungai Sirah khususnya dan Kabupaten Pesisir Selatan umumnya, sehingga produk VCO ini nantinya dapat dijual melalui pasar online seperti Tokopedia atau Shopee, dalam usaha meningkatkan taraf ekonomi warga di Nagari setempat.(RDz).



ADSEN KIRI KANAN