Notification

×

MGID ATAS

Adsen

PMD Kalsel akan Menginventarisir BUMDes yang Berpotensi

Jumat, 24 September 2021 | 09:37 WIB Last Updated 2021-09-24T02:37:58Z
Kepala Dinas PMD Kalsel Zulkifli 


Banjarbaru, fajarharapan.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) memotivasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar bisa lebih berkembang lagi untuk menuju desa mandiri.


“Ke depannya akan kita motivasi pengelola BUMDes dengan menggelar lomba dan pemberian dana hibah untuk modal penguatan BUMDes,” ucap Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli di Banjarbaru, Jumat (24/9).


Dikatakan Zulkifli, pihaknya akan menginventarisir BUMDes yang berpotensi untuk diberikannya kembali dana hibah.


Keberadaan dana hibah ini untuk memotivasi BUMDes agar terus mengembangkan usahanya, karena BUMDes menjadi pilar utama dalam meningkatkan perekonomian.


“Pemerintah daerah khususnya Kabupaten agar dapat mengusulkan BUMDes yang berpotensi dan masih memerlukan dukungan dana usaha. Kemudian, akan kami verifikasi untuk BUMDes yang layak diberikan dana hibah,” ujarnya.


Tidak hanya memerlukan dana hibah, BUMDes harus memiliki kinerja yang baik dalam memberikan kontribusi kepada pemerintah desa. 


“Apabila sudah bisa memberikan kontribusi kepada pemerintah desa, maka desa itu bisa menjadi desa maju dan mandiri serta tidak memerlukan dana desa,” tambahnya.


Ia pun meminta kepada pemerintah kabupaten untuk dapat terus mendorong kemajuan BUMDes. “Sehingga, BUMDes dapat menyumbang terhadap peningkatan perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakat desa,” tutupnya. (feb)

ADSEN KIRI KANAN