Notification

×

MGID ATAS

Adsen

M. Hadid, Pemuda Pelopor Dari Situjuah Wakili Sumbar Tingkat Nasional

Kamis, 23 September 2021 | 22:35 WIB Last Updated 2021-09-23T15:35:35Z
 
Lima Puluh Kota, fajarharapan.id - M.Hadid Qosim (24), pemuda Jorong Padang Ambacang, Nagari Situjuah Banda Dalam, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, dengan sapaan akrab Hadid berhasil mewakili Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di tingkat nasional dalam penilaian pemuda pelopor  bidang pangan melalui Minuman Olahan berbahan daun Kopi yang diberi nama Kawa Naiak Daun. 

Bertempat di kediaman Bupati Lima Puluh Kota (22/9/2021), Hadid secara resmi dinilai oleh tim Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI yang diketuai oleh Kasubbid Rawan Sosial pada Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Kemenpora RI Fatti Amalia Mendrofa. 

Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota  hadir dalam kesempatan itu mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota mengucapkan selamat datang kepada tim penilai di Luak Lima Puluah.  

"Semoga dengan kehadiran bapak ibuk dapat memberikan hal yang baik dalam kemajuan Lima Puluh Kota," katanya. 

Bupati juga menyampaikan ucapan rasa bangga dan apresiasi kepada Hadid yang telah melakukan inovasi bidang pangan. Sehingga terpilih mewakili Sumatera Barat pada penilaian pemuda pelopor tingkat nasional di tahun 2021 ini.  

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota, saya mendoakan Hadid Memberikan performa terbaik hingga lolos seleksi pada penilaian kali ini," ujar Bupati. 

Seperti diketahui, Muhammad Hadid Qosim melakukan inovasi produk minuman Kawa Naiak Daun, salah satu minuman tradisional yang berasal dari Minangkabau. 

Berangkat dari keprihatinan Hadid melihat kesejahteraan lingkungan tempat tinggalnya terkhusus petani Kopi. Anak pertama dari empat bersaudara ini memiliki keinginan untuk membantu masyarakat melalui inovasi membuat minuman kemasan berbahan dasar Daun Kopi. 

Minuman ini merupakan minuman tradisional suku Minangkabau yang ada sejak dulu. Aia kawa atau kopi daun atau kawa daun adalah minuman dari daun kopi yang diseduh seperti teh. 

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa daun kopi memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dari teh hitam dan teh hijau. Bahkan kandungan mangiferin di dalamnya bermanfaat sebagai anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi risiko diabetes, kolesterol darah, hipertensi dan penyakit lainnya. 

Bulan Juli 2020 adalah awal dia (Hadid red) merintis usahanya. Banyak pihak yang meragukan inovasi Hadid ini, serta dengan bermacam masalah yang dihadapinya. 

Dengan tekad yang kuat serta kegigihan yang Dia punya, akhirnya satu persatu masalah seperti modal produksi, keterbatasan alat pengolahan serta daya beli masyarakat yang rendah karena situasi pandemi Covid-19 dapat diatasi. 

Tentu semuanya tidak lepas dari dukungan banyak pihak, terkhusus restu dan dukungan kedua orang tua. 

" Terima kasih kepada orang tua Hadid yang telah mendukung sejauh ini. Terima kasih bantuan pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota yang telah banyak membantu pengembangan usaha Hadid, semoga Hadid bisa memberikan dampak positif ke masyarakat ", pungkas pria 24 tahun ini. 

Sementara itu, H.Djoni sebagai orang tua Hadid menyampaikan rasa bangga terhadap pencapaian Hadid sejauh ini. "Orang tua sangat mendukung hal-hal yang memiliki dampak positif. Tidak hanya Hadid, saudara Hadid yang lain juga kami dukung penuh". 

Kasubbid Rawan Sosial pada Asisten Deputi Kepemimpinan danKepeloporan Pemuda Kemenpora RI Fatti Amalia Mendrofa mengatakan, Provinsi Sumatera Barat pada tahun ini mengirim lima wakilnya untuk mengikuti penilaian pemuda pelopor tingkat nasional.  

"Pemilihan Pemuda Pelopor mencakup 5 (lima) bidang kepeloporan pemuda, yaitu pendidikan, agama, sosial dan budaya, pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata, serta pangan dan inovasi teknologi," ucapnya. 

Hadir dalam rangka Fact Finding (Kunjungan Lapangan) dewan juri penilaian calon pemuda pelopor, Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Kemenpora RI Fatti Amalia Mendrofa sebagai Ketua Tim Pemuda Pelopor Tingkat Nasional. 

Beserta tamu undangan diantaranya Kepala dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, Kepala Dinas Parpora Limapuluh Kota, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kabupaten Lima Puluh Kota, Camat Situjuah Limo Nagari, dan Wali Nagari Situjuah Banda Dalam. (Rel/Zik)

ADSEN KIRI KANAN