Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Kehadiran PPSKS Memperkuat Rasa Badunsanak

Rabu, 22 September 2021 | 17:56 WIB Last Updated 2021-09-22T10:56:00Z

 


Bukittinggi - Melalui musyawarah mufakat rasa "badunsanak" diiringi dengan sidang formatur telah berhasil pembentukan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Payuang Panji Suku Koto Sadunia (PPSKS) Agam - Bukit Tinggi  di Amelia Caffe & Resto, Gareggeh, Bukit Tinggi, Selasa (21/09/21).


Pertemuan silaturahmi dari keluarga suku Koto berbagai unsur dalam wilayah Agam dan Bukit Tinggi serta rantau Pekan Baru, Duri dan Dumai Provinsi Riau tersebut mengusung ungkapan "Sadanciang Bak Basi, Saciok Bak Ayam" penuh keakraban badunsanak untuk membentuk suatu wadah DPC PPSKS Agam - Bukit Tinggi.


Pertemuan silaturahmi dengan tetap mengikuti prosedur kesehatan (Prokes) itu, juga dihadiri Ketua Umum DPP PPSKS Drs.H.Damsuar, Dt. Bandaro Putiah, MM bersama pengurus lainnya. 


Setelah mendengarkan laporan dari Ketua Panitia serta sambutan dari berbagai unsur, dilanjutkan musyawarah mufakat memilih Tim Formatur untuk pembentukan Susunan Pengurus.


Ketua Umum DPP PPSKS Damsuar Dt. Bandaro Putiah mengucapkan selamat kepada pengurus yang terpilih. Para dunsanak yang mengemban amanah dapat melaksanakannya secara baik untuk mempersatukan dan memayungi sanak famili dan kemanakan


"Kita punya dunsanak cukup banyak, kok ado nan tacicia kito japuik, nan taserak kito kampuangan. Kemungkinan itu bisa dimaklumi, ndak mungkin sakali kauik dan sakali kameh. Untuk itu, ayo kita pakuaik rasa badunsanak masa mendatang" sebutnya


Pembentukan organisasi PPSKS, kata Damsuar kepada fajarsumbar.com, bukanlah untuk meleburkan organisasi atau persatuan yang telah ada selama ini. Kita PPSKS adalah mempersatukan, memayungi dan melindungi kesemua persatuan yang telah. Kita tidak meleburkan yang telah eksis itu, tetapi memperkuat sesama persatuan itu dengan sebutan Payuang Panji Suku Koto. 


Kata dia, PPSKS yang dibuat dengan diskusi dan musyawarah secara bertahap untuk melahirkan adanya AD/ART. Sehingga kita perkuat dengan Akte Notaris yang didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM ini sebagai pondasikan secara hukum pada sebuah organisasi. 


"Mudah-mudahan pada akhir bulan September 2021 ini telah keluar surat pengesahan terdaftarnya di Kemenkumham" ucap dia semangat. 


Iapun menceritakan historis dan kronologis atas kehadiran untuk pembentukan PPSKS yang diketuainya. 


Pada pertemuan awal di Padang Panjang dulunya, ia bersama para inisiator menampung hasrat dari aspirasi yang berkembang dalam ajang silaturahmi ketika itu


Menurutnya, kehadiran PPSKS untuk memayungi para dunsanak dari berbagai organisasi bersuku Koto baik yang berada di Ranah maupun Rantau pada berbagai Daerah di Indonesia serta di luar negeri Malaysia, Singapore dan Australia. 


"Bersatu kita teguh, bercerai kita rubuh, maka diperkokoh Sadanciang Bak Basi dan Saciok Bak Ayam. Kito pakuaik rasa badunsanak Suku Koto" tegas H. Damsuar Dt.Bandaro Putiah.


Telah terbentuknya DPC PPSKS Agam-Bukit Tinggi ini akan menyusul ada pembentukan DPC Padang Panjang, Pasaman dan berbagai Daerah lainnya di Sumbar maupun pembentukan Pengurus di sejumlah Daerah di perantauan. 


Ketua DPC PPSKS Agam - Bukit Tinggi  Hendrizal menyebutkan telah terbentuknya Pengurus ini kita akan berusaha mengakomodir seluruh elemen dari dunsanak suku Koto dari Agam dan Kota Bukit Tinggi.


Ia megakui sebagai Ketua Terpilih akan berupaya mengakomondir kesemua elemen para dunsanak. Ninik Mamak, Cadiak Pandai, Alim Ulama dan Malin, Pemuda serta Bundo Kanduang demi kemajuan rasa "badunsanak" suku Koto. 


"Jelang peresmian dan pengukuhan nantinya, akan dilengkapi kepengurusan dalam waktu dekat. Yang terpenting kita koordinasikan dan konsultasi terlebih dahulu kepada Ketua Umum DPP PPSKS yang berpedoman kepada AD/ART organisasi.


Kepengurusan DPC PPSKS Agam - Bukit Tinggi yang baru terbentuk terdiri dari Dewan Penasehat H.M Ramlan Nurmatias SH, Dt. Nan Basa, Midi Dt. Marajo, DR. Novi Irwan Nahar MM, Rinaldi SP. MM Dt.Rajo Mangkuto, Wilson St. Mudo.


Sedangkan Pembina diamanahi kepada Yusrinal, Afrizal Kari Marajo dan Nasril Y. Malin Marajo


Dan Ketua Umum Hendrizal yang didampingi Wakil Ketua Mardizon, Guslizar Dt.Tumanggung, Dt. Sampono,Irwan St.Bagindo dan S.St.Tumangguang


Sekretaris Umum Mirawati Nurmatias, Wakil Sekretaris Andrioni Satria, Reni Jenita, Syafrida, Zefni dan Leni. 


Sedangkan Bendahara Umum dipercayakan kepada Rahma Nurazizah,Wakil Bendahara Wati serta dilengkapi dengan Bidang-Bidang. (saco)

ADSEN KIRI KANAN