Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Hingga Pekan Depan, Ganjil Genap Masuk Bandung Berlaku

Selasa, 07 September 2021 | 07:07 WIB Last Updated 2021-09-07T00:07:01Z
Pemberlakuan sistem ganjil genap di Bandung


Bandung - Kepolisian Resort Kota Besar Bandung, Jawa Barat memperpanjang masa penerapan sistem ganjil genap bagi kendaraan roda empat berdasarkan pelat nomor di sejumlah pintu tol, hingga pekan depan. Ganjil genap berlaku bagi kendaraan dari luar Bandung.


"Diteruskan hingga akhir pekan depan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Besar M Rano Hadianto, Senin (6/9/2021).


Menurut Rano, sistem ganjil genap cukup efektif menekan volume kendaraan dari luar Bandung ke dalam kota hingga 30 persen sejak pekan lalu.


Tercatat, sebanyak 4.274 kendaraan diputar balik selama diberlakukannya ganjil genap sejak Jumat (3/9/2021) hingga Minggu (5/9/2021). Rinciannya, 894 unit kendaraan di hari pertama, 2.391 kendaraan hari kedua, dan 989 kendaraan di hari ketiga.


"Untuk penurunan volume kendaraan yang masuk ke Kota Bandung sebesar 30 persen," ujar Rano sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan kendaraan dari luar kota Bandung raya dapat ditekan selama ganjil genap diberlakukan.


"Hanya saja untuk aglomerasi tidak efektif dari Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, masih ada yang berkeliaran di Kota Bandung apalagi di Dago dan Lembang," tuturnya.


Sebelumnya, pemerintah memperpanjang pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis level di sejumlah daerah Jawa dan Bali mulai 7 sampai 13 September 2021.


Sementara untuk daerah di luar Jawa-Bali, PPKM diperpanjang dua pekan atau hingga 20 September mendatang. (*)



ADSEN KIRI KANAN