Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Gubernur Sumbar Resmikan LBH Rumah Gadang Bagonjong

Sabtu, 11 September 2021 | 14:01 WIB Last Updated 2021-09-11T07:01:01Z
Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi Staf Ahli Bupati Tanah Datar dan pimpinan LBH RGB, Zainal Efendi mukul tabuh bertanda resmi LBH Rumah Gadang Bagonjong di Tanah Datar.


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi meresmikan Lembaga Bantuan Hukum Rumah Gadang Bagonjong Kabupaten Tanah Datar di Lima Kaum Batusangkar, Sabtu (11/09/2021).


Peresmian LBH Rumah Gadang dihadiri Bupati Tanah Datar, Forkopimda dan Wali Nagari se- Kabupaten Tanah Datar.


Pimpinan LBH Rumah Gadang Bagonjong Tanah Datar, Zainal Efendi menjelaskan tujuan didirikannya LBH RGB adalah dalam rangka membantu masyarakat dalam perlindungan hukum bagi terutama dari kalangan kurang mampu dan menjawab harapan masyarakat selama ini yang mendambakan  berdirinya lembaga bantuan hukum di Tanah Datar.


Sementara itu Bupati, diwakili Staf Ahli Bidang Sumberdaya Manusia, Ermon menyatakan,  lahirnya LBH RGB di Kabupaten Tanah Datar dapat berperan memberikan perlindungan hukum bagi masyarakat dan diharapkan LBH RGB juga dapat bersinerji dengan Pemkab.


Gubernur Sumbar, Mahyeldi  mengemukakan sebelum masuk kemasalah bantuan hukum diharapkan bagaimana masyarakat memiliki pengetahuan tentangbhukum sehingga menjadi masyarakat yang sadar dan taat hukum,  apabila terjadi proses hukum ditengah masyarakat bagi yang tidak mampu sudah ada LBG RGB untuk memberikan perlindungan hukum.


Terkait berdirinya LBH Rumah Gadang Bagonjong, Gubernur menyatakan apresiasinya, dengan harapan masyarakat  akan bertambah pengetahun hukum dan khususnya dari kalangan yang tidak mampu dapat memanfaatkan LBH Rumah Gadang Bagonjong ini. 


kepada Fajarharapan,Id secara terpisah, pimpinan LBH Rumah Gadang Bagonjong, Zainal Efendi menjelaskan dengan telah diresmikannya LBH ini oleh Gubernur Sumbar kedepan langkah yang perlu dilaksanakan adalah ada sinergi LBH dan masyarakat  Nagari, Wali Nagari dan dengan Pemerintah Daerah Tanah Datar dan provinsi Sumatera Barat untuk mendukung terlaksananya LBH ini dalam rangka bantuan hukum terutama dari kalangan kurang mampu.


Begitu juga dengan program LBH RGB kedepannya melaksanakan penyuluhan hukum kepadaasyarakat di nagari sehingga masyarakat mempunyai pengetahuan tentang hukum dan sadar hukum sehingga dapat meminimalisir masalah hukum di Tanah datar. (V.St.Saidi)


ADSEN KIRI KANAN