Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Bupati Eka Putra Sampaikan Jawaban Pertanyaan Dewan Tentang Ranperda Perubahan Anggaran 2021

Jumat, 17 September 2021 | 00:57 WIB Last Updated 2021-09-16T17:57:36Z

.


Batusangkar, fajarharapan.id - Bupati Tanah Datar Eka Putra sampaikan jawaban atas pendangan umum Fraksi DPRD tentang ranperda perubahan APBD tahun 2021 di Pagaruyung ruang DPRD Tanah Datar, Rabu (15/09) kemaren.


Sidang Paripurna di Pimpin Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dr. Bungsu  didampingi Wakil Ketua Anton Yondra dan dihadiri 24 anggota beserta Asisten, Staf Ahli Bupati beserta pimpinan OPD.


Dalam penjelasannya Bupati, Eka Putra menyampaikan Pendapatan Apsli daerah yang bersumber dari pajak daerah, retribusi daerah dan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, serta apa yang menjadi kendala oleh pemerintah daerah dalam peningkatan pendapatan daerah ini.


Dijelaskan bahwa sepanjang tahun 2021 belum terdapat penambahan objek pajak dan retribusi daerah, sementara itu terjadinya penurunan pendapatan asli daerah yang bersumber dari pajak daerah, retribusi daerah dan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan disebabkan Belum pulihnya kondisi perekonomian masyarakat akibat penyebaran Covid-19 yang berdampak pada turunnya kemampuanmasyarakat dalam membayar pajak daerah.


Selanjutnya dijelaskan penyebab menurunnya penerimaan pajak karena belum adanya peningkatan penerimaan daerah yang berasal dari pajak penerangan jalan karena adanya kebijakan PT. PLN Persero memberikan subsidi gratis kepada pelanggan yang memiliki daya 450 Volt dan pemotongan 50% kepada pelanggan dengan daya 900 Volt.


Ditutupnya tempat-tempat rekreasi utama pada hari libur nasional dan cuti bersama seperti objek Wisata Istano Basa Pagaruyung yang berdampak pada menurunnya penerimaan daerah dari retribusi tempat rekreasi dan olah raga, turunnya bagi laba Deviden yang diterima pemerintah daerah atas penyertaan modal kepada Bank Nagari.


Kemudian menyangkut langkah, strategi dan kajian yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah dalam rangka peningkatan pendapatan asli daerah ini untuk beberapa tahun kedepan dan dalam rangka pencapaian terget yang telah di susun dalam RPJMD Kabupaten Tanah Datar tahun 2020-2026.


Pemerintah daerah akan kembali melakukan penilaian potensi dan pemuktahiran data pajak dan retribusi daerah dengan penyempurnaan regulasi dan pengembangan sistem informasi terintegrasi dengan perbankan, ungkapnya.


Bupati menyampaikan realisasi pajak daerah sampai bulan Juli 2021 sebesar Rp 9,2 milyar dari target yang ditetapkan sebesar Rp 20,3 milyar atau 45,5 persen.(V.StSaidi.)


ADSEN KIRI KANAN