Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Bawa Perubahan untuk Kemajuan Desa, Pemuda Aikmel Timur Awali dari Hal ini

Sabtu, 18 September 2021 | 09:39 WIB Last Updated 2021-09-18T02:39:17Z

 



Lombok Timur, FajarHarapan.id- Lembaga Belpas Peduli berhasil memberikan perubahan untuk kemajuan Desa Aikmel Timur, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur, NTB.


Lembaga Belpas Peduli yang berlokasi di Dusun Cepak Timur, Desa Aikmel Timur, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur ini mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat setempat dengan berbagai program kerja yang sedang dijalankan.


Fery Sahrial, M.Pd. selaku pengurus dan salah satu pelopor Belpas Peduli menuturkan bahwa, Belpas Peduli kini semakin tumbuh subur dan menjadi sorotan banyak media serta organisasi lainnya, karena dianggap berhasil membawa banyak perubahan untuk kemajuan Desa Aikmel Timur.


Diakui, berawal dari keresahan para pemuda Aikmel Timur melihat kondisi lingkungan desa setempat yang kotor dengan banyaknya sampah berserakan dan tanpa adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Mengakibatkan para pemuda Aikmel Timur semakin tergelitik untuk menciptakan inovasi baru dalam menanggulanginya.


Fery juga mengungkapkan bahwa para pemuda Aikmel Timur mulai bergerak pada tahun 2018 lalu, diawali dengan pembuatan puluhan Bak Sampah oleh pemuda Aikmel Timur. Lalu ditempatkan di titik-titik tertentu yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat Aikmel Timur akan pentingnya kebersihan.


Kemudian, sampah yang diambil satu minggu sekali tersebut, berhasil membuat masyarakat setempat semakin bangga dengan hasil kreasi para pemudanya. Hingga menambahkan jumlah bak sampah, yang di tempatkan di tiap-tiap rumah warga. Dan akhirnya masyarakat setempat menginisiasi memberikan ongkos terima kasih berupa uang se-ikhlasnya kepada para pemuda tersebut.


Lanjutnya, uang hasil dari sampah itu dimanfaatkan oleh Fery dan kawan-kawannya untuk menyantuni anak yatim dan orang jompo (Dhuafa) serta membantu menyekolahkan kembali anak-anak yang sudah putus sekolah yang terdapat di Desa Aikmel Timur.


"Hasil dari pengelolaan sampah itu kami gunakan untuk menyantuni anak yatim dan orang jompo di desa kami sebulan sekali dan menyekolahkan anak-anak yang putus sekolah" cetus Fery saat dikunjungi di Sekretariat Belpas Peduli. Jumat, (17/9/2021)


Melihat keaktifan Fery dan kawan-kawannya, pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Lombok Timur ikut andil dalam membantu mereka menanggulangi permasalahan sampah tersebut.


Menurutnya, apa  yang dilakukan dengan kawan-kawannya merupakan saran atau masukan dari pemuda yang harus diterapkan oleh pihak Desa Aikmel Timur. Dan alhasil pihak Desa Aikmel Timur pun menerapkan hal serupa dan membuat TPA.


Tidak sampai di sana, kini Belpas Peduli juga bergerak di dalam bidang pendidikan ditandai dengan berjalannya program kerja Belpas Institut berupa pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) dan juga bergerak di dalam bidang dakwah dengan nama program Pasar Dakwah serta ditambah lagi dengan adanya tempat mengaji atau Bale Alquran Belpas. Pogram kerja tersebut dilaksanakan di Sekretariat Belpas Peduli dan semua programnya tanpa dipungut biaya alias gratis.


Sementara itu, Kepala Desa Aikmel Timur, Rasidi saat dikonfirmasi secara terpisah, mendukung penuh program-program dari Belpas Peduli demi kemajuan dan kepedulian terhadap masyarakat.


"saya ucapkan terima kasih banyak kepada Belpas Peduli dan saya sangat bangga dengan kehadiran lembaga ini. Selain memberikan terobosan baru bagi kemajuan Desa Aikmel Timur, juga memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Aikmel Timur pada khususnya" ungkap Rasidi kepada wartawan Fajarharapan.id saat ditemui di kantornya. (Reza P.)


ADSEN KIRI KANAN