Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Aplikasi Jual Beli Online kakodai.com Diretas Hacker

Kamis, 09 September 2021 | 17:51 WIB Last Updated 2021-09-09T10:51:49Z

 

.

Sawahlunto - Aplikasi jual beli online kakodai.com, marketplace asli Kota Sawahlunto saat ini diretas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, sehingga menampilkan konten yang tidak layak dilihat oleh banyak orang.


Kakodai.com merupakan sebuah platform atau marketplace dari Kota Sawahlunto, Sumatera Barat dengan tujuan utamanya adalah membantu para Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) dalam mempromosikan dan menjual produk-produk mereka.


Di dalam kakodai.com juga menjual beberapa produk kebutuhan sehari-hari mulai dari produk kesehatan, elektronik, makanan kecil dan bahkan sayuran.


Faizal Kurniawan selaku CEO dari kakodai.com mengatakan kepada fajarharapan.id, Kamis 9 September 2021 di Sawahlunto bahwa aplikasi tersebut telah di hack oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.


Faizal Kurniawan menyampaikan bahwa awalnya aplikasi tersebut digagas untuk memasarkan produk UMKM yang berada di Kota Sawahlunto. Tapi, pihaknya kekurangan dana untuk pengembangan aplikasi, sehingga aplikasi ini terbengkalai.


Menurutnya, dana untuk membangun aplikasi ini tanpa ada campur tangan pemerintah, murni inisiatif dari ide anak muda Kota Sawahlunto saat menghadapi Pandemi Covid-19.


Kami berharap ada pihak yang membantu mencarikan solusi terkait persoalan aplikasi ini untuk dikembalikan seperti semula. Sehingga tidak ada lagi asumsi negatif masyarakat terkait tampilan dari aplikasi tersebut.


Terkait teknisnya, saat ini domain hosting kakodai.com sudah tidak terdaftar pada 6 Mei 2021 lalu dan tidak diperpanjang. Setelah di cek, domain tersebut sudah terdaftar di penyedia hosting luar negeri.


"Untuk jalan keluarnya, kami mesti menanyakan kepada penyedia hosting-nya dan kami sudah tidak punya dana lagi untuk membiayai agar mengembalikan aplikasi tersebut seperti semula," tandasnya. (ton)

ADSEN KIRI KANAN