Notification

×

Adsense bawah

Adsen


Terkait Kinerja Pj Wali Nagari Kinali, Ketua Peradilan Adat Pasbar Angkat Bicara

Senin, 09 Agustus 2021 | 16:27 WIB Last Updated 2021-08-09T09:27:03Z

H.Anwir.SH.Dt Bandaro Ketua Peradilan Adat Pasaman Barat dan lainnya


Pasbar, fajarharapan.id - Ketua Peradilan Adat Pasaman Barat, Anwir.SH. Dt Bandaro geram dengan sikap sejumlah ninik mamak mendatangi bupati atas keluhan kinerja Pj. Wali Nagari Kinali Muslim.SH. Dt Rajo Magek, beberapa waktu lalu.


Menurut Anwir berkaitan dengan Perda 06 tahun 2018 itu telah jelas dan gamblang proses dan pelaksanaannya. Dimana Nazar Ikhwan  pada saat itu juga termasuk anggota pansus dan puluhan ninik mamak se-Pasaman Barat telah sepakat tentang peradilan adat itu adanya di tingkat kabupaten.


Terkaitan dengan kinerja Pj wali Nagari Kinali itu telah tepat sebab dia berjalan sesuai dengan aturan yang ada dan tidak bertentangan dengan surat edaran bupati nomor 140/22/pemnag-2021   perihal; Putusan Peradilan Adat. Jadi langkah Pj wali sudah tepat, sebagai abdi negara harus taat aturan.


Sementata itu Pj wali Nagari Kinali Muslim.SH.Dt Rajo Magek, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (9/8/2021) mengatakan, ia telah bekerja sesuai dengan aturan yang ada yang mengacu pada perda 06 tahun 2018.


Keluarnya putusan peradilan adat serta surat Bupati Pasaman Barat Nomor ; 140/22/pemnag-2021 perihal ; Putusan Peradilan Adat, yang disampaikan ke camat dan wali nagari.


Jadi dengan dasar itulah dia selaku Pj Wali Nagari menjalankan roda pemerintahan nagari. "Tidak benar jika kami melakukan kebijakan pribadi, melainkan semua roda pemerintahan nagari kita jalankan sesuai aturan yang ada," ujar Muslim. 


Dan kalau keberatan dengan perda 06 tahun 2018 silahkan lakukan gugatan ke Mahkamah Agung atau ke Mahkamah Konstitusi, bukannya ke wali nagari, agar semua masalah itu bisa cepat klir. 

Dia selaku wali nagari mengimbau kepada masyarakat bahwa dalam pelayanan di kantor wali nagari tetap berlaku aturan bukan kebijakan wali nagari. (By roni)


ADSEN KIRI KANAN