Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Rehap Eks Kantor Balaikota Bukit Sibaluik Dipacu, Oktober 2021 Sudah Bisa Ditempati Pasien Covid-19

Rabu, 25 Agustus 2021 | 04:58 WIB Last Updated 2021-08-24T22:54:03Z
Payakumbuh, fajarharapan.id
Menindaklanjuti rapat percepatan penanganan covid 19 Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Payakumbuh melakukan langkah cepat dalam menekan penyebaran covid 19 dengan melakukan peninjauan langsung ke Eks Kantor Balai Kota Bukik Sibaluik yang akan dijadikan tempat isolasi bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif namun tanpa gelaja (OTG) yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Drs. H. Rida Ananda, M.Si pada Selasa (24/8/2021)

Saat melakukan peninjauan gedung, Rida menjelaskan Ini adalah salah satu langkah cepat yang dilakukan Pemko Payakumbuh menjadikan Eks Kantor Bukik Sibaluik berguna untuk isolasi bagi masyarakat Payakumbuh yang terkonfirmasi positif Covid 19 namun tanpa gejala. 

"Jadi hari ini kita melihat kondisi kantor ini setelah dimana sebelumnya OPD yang berkantor di Bukik sibaluik pindah ke padang kaduduak, dan kita melihat kantor ini dapat dimaksimalkan untuk menjadi tempat isolasi bagi masyarakat. Maka dari itu kami bersama Kepala OPD terkait meninjau sejauh mana gedung ini bisa dipersiapkan untuk tempat isolasi dan mencukupi sarana dan prasarana untuk kelancaran isolasi dan kenyamanan masyarakat," terang Rida

Ditambahkan Rida, diakhir tahun ini sebagai salah satu kegiatan yang prioritas akan dilaksanakan gerak cepat adalah pekerjaan rehap/perbaikan Eks. Kantor Balaikota ini. Namun, ketika ditanya berapa biayanya, tunggu dulu saat ini sedang dihitung, katanya.

Data yang didapatkan media dilapangan,  anggaran atau biaya untuk rehap Kantor Balaikota Bukit Subaluik itu dianggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun Anggaran 2021 pada pos atau kegiatan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh sebesar Rp. 350 juta. 

Namun, setelah diadakan rapat dan peninjauan dilapangan. Sehingga, anggarannya bertambah sekitar Rp. 800 juta lebih dan kegiatan anggaranpun dipindahkan dalam kegiatan covid-19 pada Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh. Penambahan itu, mengingat hampir secara keseluruhan kabel-kabel / instansi listrik raib digondol maling. Kaca - kaca bagian belakang gedung hancur dilempar orang tak dikenal.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Kesehatan A.Arifianto mengatakan persiapan untuk isolasi bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif namun tanpa gejala diarahkan untuk menempati Eks Kantor Balai Kota Bukik Sibaluik. Dengan ini dilakukan monitoring dan anggran biaya untuk operasional tempat karantina sehingga apa yang dibutuhkan untuk karantina bisa tercukupi sesuai dengan standar yg ada. 

"Diharapkan nanti pasien covid yang tidak bergejala bisa ditempatkan di karantina kita ini. Kita menyediakan tempat isolasi ini senyaman mungkin untuk masyarakat dengan daya tampung diperkirakan bisa 75 sampai 100 orang. 

Sebelumnya gedung ini akan di rehab dan dilaksanakan pembinaan gedung, sekitar bulan oktober kita sudah bisa operasionalkan gedung ini untuk isolasi. Untuk sementara karantina masih kita lakukan di SKB, "pungkasnya.(Rel/Zik)

ADSEN KIRI KANAN