Notification

×

Adsense bawah

Adsen


Bupati Pasbar Terima Kunjungan Ninik Mamak dan Pengurus KAN Kinali

Jumat, 06 Agustus 2021 | 07:35 WIB Last Updated 2021-08-06T00:35:54Z



Pasbar fajarharapan.id - Puluhan ninik mamak Kinali dan pengurus Kerapatan Adat Nagari Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten pasaman Barat, yang di komandoi Nazar Ikhwan Imbang Langik datangi Bupati Pasaman Barat, untuk menyapaikan keluhan atas kinerja Pj wali Nagari kinali Muslim.SH Dt Rajo Magek, di ruangkerja Bupati rabu, 5/8/2021)


Nazar Ikhwan Imbang Langik selaku juru bicara menyampaikan tentang kinerja Pj wali Nagari kinali yang dinilai tidak pas dalam menyikapi surat edaran Bupati dan Perda 06 tahun 2018, dalam melaksankan pelayanan terhadap masyarakat, ujarnya. 


 Karena bertentangan dengan Adat salingka Nagari yang ada dikenali, dan sudah merusak tatanan Adat yang ada di nagari dikinali kabupaten pasaman Barat ini, makanya kami menolak kebijakan Pj Wali Nagari tersebut, tegas Nazar


Sementara itu dari perwakilan Bamus yang turut hadir Yurnalis mengatakan bahwa kebijakan Pj wali nagari kinali Muslim apabila di teruskan dikwatirkan akan timpang dalam perjalanan pemerintah nagari khususnya nagari kinali.


Jadi kami berharap kepada pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Pasaman Barat, kiranya bisa meninjau kembali penugasan Pj. wali nagari kinali tersebut, harap Yurnalis.


Sedangkan Bupati pasaman barat H. Hamsuardi, menyambut dengan baik atas kehadiran ninik mamak kinali yang telah mau menyampaikan aspirasi nya secara langsung dan berdialog dengan penuh keakraban.


Dimana Hamsuardi menyampaikan bahwa yang berkaitan dengan Pj Wali Nagari kinali Muslim ia akan memanggil dan minta keterangan tentang kinerjanya.


Namun  jika berkaitan dengan adat, sebaiknya diselesaikan dengan secara adat setempat, karena pemerintah tidak bisa ikut campur.sebab itu bukan ranah pemerintah, melainkan adat, Ungkapnya"


Dan kita berharap bahwa semua masalah yang berkaitan dengan adat  dapat dimusyawarahkan dengan secara adat, sehingga tidak ada yang dirugikan bagi cucu kemenakan,ujar Hamsuardi.( By roni)


ADSEN KIRI KANAN