Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Besok, SAF 2021 Dibuka Wali Kota Payakumbuh di Kampung Adat Balai Kaliki Kecamatan Payakumbuh Utara

Jumat, 27 Agustus 2021 | 07:26 WIB Last Updated 2021-08-27T00:45:29Z
Payakumbuh, fajarharapan.id - Silek Arts Festival (SAF) 2021 digelar secara serentak di 6 Kota / Kabupaten di Sumatera Barat berlangsung 21 s/d 31 Agustus 2021 yaitu 
Kota Solok,  Kabupaten Sijunjung, Kota Payakumbuh, Kota Padang, Kabupaten Agam dan Kabupaten Pasaman Barat.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh Desmon Corina, S.IP, MM ketika ditemui media diruang kerjanya Jum'at (27/8) mengatakan bahwa SAF merupakan kerja kolaborasi antara Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Platform Indonesiana Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dinas Parpora Kabupaten/Kota.

Kemudian dalam pelaksanaannya juga melibatkan komunitas seni & budaya di Sumatera Barat & masyarakat dalam rangka mendukung Undang- Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Kegiatan SAF ini telah dilaksanakan sejak tahun 2018 dengan menggali Silek sebagai Akar Kebudayaan dan Filosofi Masyarakat Minangkabau.

Dalam pagelarannya, kita tidak hanya pertunjukan atraksi silek, beragam bentuk kegiatan dilaksanakan seperti seminar, workshop, lomba, semiloka, pertunjukan kesenian & lainnya sebagai upaya & penggalian silek itu sendiri serta menjadi wadah serta ajang mengasah kreativitas mulai dari yang muda hingga generasi lanjut, terang Desmon Corina.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid)  Kebudayaan Disparpora Kota Payakumbuh Riswandi, S.Pi, M.Pd menambahkan, untuk tahun 2021 ini pelaksanaan berlangsung secara terbatas, mengingat pandemi saat ini masih belum berakhir.

Bentuk kegiatan dilaksanakan dengan konsep campuran yaitu langsung yang dibatasi untuk peserta dan penonton terbatas dan virtual. Baik siaran langsung maupun dokumentasi yang akan dirilis di akun Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat dan akun daerah yang terlibat.

Diulaskan Riswandi, untuk Kota Payakumbuh pelaksanaannya dipusatkan di Kampuang Adat Balai Kaliki Kecamatan Payakumbuh Utara berlangsung pada tanggal 28 dan 29 Agustus 2021 dengan agenda Pameran Kurambik, Seminar, Atraksi Silek, Atraksi Lempar Pisau dan Tebas Golok, Penampilan Tari Podang dan Workshop Kurambik.

Insya Allah, besok Sabtu 28 Agustus agenda SAF 2021 dibuka langsung oleh Wali Kota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST, MM bersama Kepala Disparpora Provinsi Sumatera Barat dan Forkopimda Payakumbuh. Masyarakat dipersilahkan hadir secara bergantian dengan selalu mematuhi Protokol Kesehatan, pungkas Riswandi. (Zik)

ADSEN KIRI KANAN