Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Bahaya Intai HP Android dan iPhone 1 November

Jumat, 27 Agustus 2021 | 10:00 WIB Last Updated 2021-08-27T03:00:00Z
ilustrasi


Jakarta - Whatsapp mengumumkan tidak lagi memberikan dukungan pembaruan keamanan pada sejumlah hp Android dan iPhone pada 1 November mendatang, sehingga pengguna perangkat tersebut rentan mendapat peretasan.


Meskipun aplikasi perpesanan itu tak lagi memberi dukungan untuk perangkat-perangkat ini, bukan berarti WhatsApp secara serta merta berhenti dan tak bisa dipakai.


Sebenarnya, masalah terbesar adalah karena aplikasi Whatsapp di perangkat-perangkat ini tidak lagi mendapat dukungan keamanan.


Sehingga, pengguna berada dalam bahaya dan lebih rentan terhadap serangan peretas yang bisa mencuri data pribadi.


Peretas dapat masuk lewat celah keamanan yang tak lagi ditambal oleh Whatsapp karena sudah dihentikan dukungannya. Sehingga, Whatsapp menyarankan pengguna ponsel-ponsel ini segera beralih ke model ponsel yang lebih baru.


Ketentuan tersebut akan berlaku mulai 1 November mendatang. Dengan demikian terdapat sederet ponsel dengan sistem operasi Android dan iOS yang tak dapat lagi mengakses WhatsApp.


Pembaruan perangkat ini bertujuan agar mendukung pembaruan fitur layanan pesan dari WhatsApp. Sehingga, aplikasi pesan instan itu bisa digunakan lebih optimal.


Melalui situs resmi, WhatsApp mengatakan hanya akan kompatibel pada perangkat seluler minimal menjalankan Android 4.0.4 atau pada iPhone dengan iOS 9. Dengan demikian, ponsel pintar di bawah generasi itu tidak dapat mendapatkan pembaruan sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


Ponsel-ponsel lawas dinilai tak lagi kompatibel dengan pembaruan fitur-fitur Whatsapp ini. Whatsapp pun akhirnya memberikan pengumuman perangkat apa saja yang sudah tidak kompatibel dengan pembaruan aplikasi dan tak lagi akan mendapatkan dukungan.


Berikut daftar ponsel yang tidak bisa menggunakan WhatsApp pada 1 November.


Android

Secara umum, hp Android yang tak lagi mendapat pembaruan aplikasi Whatsapp adalah ponsel yang masih menggunakan sistem operasi yang lebih rendah dari Android 4.0.3. Berikut daftar ponsel lawas tersebut, seperti dikutip MYSA.


Samsung: Galaxy Trend Lite, Galaxy Trend II, Galaxy SII, Galaxy S3 mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy Core and Galaxy Ace 2.


LG: Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus F5, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6, Enact , Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus L4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD and 4X HD, and Optimus F3Q.


Huawei: Ascend G740, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, and Ascend D2.


Sony: Xperia Miro, Sony Xperia Neo L, Xperia Arc S.


Alcatel: One Touch Evo 7


Lainnya: Archos 53 Platinum, HTC Desire 500, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, Wiko Darknight, Lenovo A820, UMi X2, Faea F1 and THL W8.


Sementara untuk ponsel besutan Apple yang tak lagi mendapat dukungan adalah perangkat iPhone dengan sistem operasi iOS 9 dan di bawahnya, tulis Entrepreneur.


Apple iPhone SE

Apple iPhone 6S

Apple iPhone 6S Plus


Cara ketahui sistem operasi HP

WhatsApp pun memberikan cara untuk mengetahui sistem operasi di ponsel yang kita gunakan. Berikut caranya;

Cek di menu Setting.

Pilih opsi About System atau About Device.

Akan muncul versi Android dan iPhone di smartphone Anda. Apabila perangkat Anda menggunakan versi Android lebih dari Android 4.0.4 artinya ponsel masih bisa digunakan mengakses WhatsApp. Namun apabila ponsel sudah lawas, maka artinya Anda perlu berganti HP agar bisa memakai layanan WhatsApp. (*)



ADSEN KIRI KANAN