Notification

×

MGID ATAS

Adsen

TNI AU Bentuk Satuan Baru

Sabtu, 31 Juli 2021 | 08:00 WIB Last Updated 2021-07-31T01:00:00Z

ilustrasi


Jakarta - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan (SATUD PP), di Wing 4 Lanud Atang Sanjaya, Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/7/2021).


Satuan tersebut dibentuk lantaran ada kebutuhan pengembangan organisasi untuk melaksanakan tugas operasi udara khusus dalam bentuk Operasi Pencarian dan Pertolongan (OPP). Pula, sejalan dengan slogan Swa Bhuwana Paksa.


"Tugas pencarian dan pertolongan merupakan tugas yang tidak ringan, terlebih cakupan NKRI yang luas," kata Marsekal Fadjar mengutip Antara, Jumat (30/7/2021) sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


Nantinya, satuan yang baru dibentuk itu akan bersinergi dengan kementerian dan lembaga lainnya. Terutama dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).


Fadjar mengatakan peresmian Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan merupakan tindak lanjut dari Peraturan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang organisasi dan Tugas Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan Wing 4 Pangkalan TNI Angkatan Udara Atang Sendjaja.


"Saya ingin mengingatkan bahwa satuan ini memiliki tujuan yang sangat mulia karena terkait secara langsung dengan keselamatan jiwa manusia," ujar Fadjar.


Mengutip situs tni-au.mil.id, pembentukan Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan tak lepas dari wilayah Indonesia yang begitu luas dan dipisahkan lautan sehingga membuat tugas pencarian serta pertolongan di Indonesia tidak ringan.


Fadjar mengatakan perlu ada organisasi permanen di lingkungan TNI AU. Organisasi itu harus mampu melaksanakan tugas pencarian dan pertolongan, penyiapan alutsista, serta melaksanakan pembinaan kemampuan dan profesionalisme sumber daya manusia.


"Inilah yang menjadi latar belakang pembentukan Satuan Udara Pencarian Pertolongan di bawah Komandan Wing 4 Pangkalan TNI Angkatan Udara Atang Sendjaja," kata Fadjar.


"Lebih dari itu, Satuan Udara ini juga diharapkan dapat mendukung kelancaran tugas Operasi Militer selain Perang TNI pada masa mendatang," tambahnya. (*)



ADSEN KIRI KANAN