Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Ternyata Menjemur Padi Bukan Perkara Mudah

Minggu, 11 Juli 2021 | 16:50 WIB Last Updated 2021-07-11T09:50:57Z


Pati, fajarharapan.id -Hari ini cuaca sangat terik, matahari pun bersinar tanpa terhalang awan ataupun mendung. Kesempatan ini dipergunakan sebaik-baiknya oleh Bapak Hendro (53) warga Dukuh Kalimati, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, untuk menjemur padi/gabah di pelataran tempat penggilingan padi.


Hendro adalah kuli penjemur padi yang bekerja pada salah seorang tengkulak yang berada di Desa Tamansari. Ia mengaku ketika musim panen seperti ini dirinya tidak pernah berhenti bekerja dari tengkulak satu ke tengkulak lainnya.


Terlihat  di pelataran tempat penggilingan padi, Serda Sukarji anggota Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati, sedang membantu Pak Hendro membalik jemuran padi agar bisa kering merata. Dia pun merasakan beratnya menyorok padi dengan papan kayu yang diberi gagang, Sabtu (10/7/2021).


Hendro dalam kesempatan tersebut mengatakan, dirinya melakukan pekerjaan ini sudah lama setiap musim panen padi. Sebenarnya ia pun merasakan berat, namun karena tuntutan hidup semua itu ia lakukan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya.


" Ya begini rasanya menjemur gabah, kalau panas seperti ini enak, tinggal dibolak-balik saja. Tapi kalau cuaca tidak menentu, itu yang paling menyusahkan. Harus berkali-kali menggelar dan berkali-kali pula mengumpulkan dan menutup dengan terpal," ujar Hendro sembari melihat kerja Sukarji. (0718)

ADSEN KIRI KANAN