Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Swiss Beli 36 Jet Tempur F-35A dan 5 Rudal Patriot AS

Kamis, 01 Juli 2021 | 21:47 WIB Last Updated 2021-07-01T14:47:24Z

  

Ilustrasi jet tempur F-35. (AFP PHOTO / JACK GUEZ)

Jakarta - Pemerintah Swiss akan membeli 36 jet tempur F-35A buatan perusahaan dan lima unit sistem pertahanan udara Patriot buatan Amerika Serikat.


F-35A merupakan jet tempur buatan Lockheed Martin, sementara rudal Patriot dari pabrikan Raytheon.


Swiss memilih F-35A dan Patriot untuk menggantikan alutsista mereka yang mulai menua. Selama ini mereka telah berupaya mencari armada pengganti, sebagaimana dikutip cnnindonesia.


"Dewan Federal yakin kedua sistem ini yang paling cocok untuk melindungi rakyat Swiss dari ancaman udara di masa depan," kata pemerintah Swiss dalam sebuah pernyataan, Rabu (30/6) seperti dikutip dari AFP.


Keputusan itu sekarang akan diajukan ke parlemen Swiss. Selanjutnya bola ada di Parlemen apakah akan melanjutkan pembelian alat tempur tersebut atau tidak.


Pesawat tempur F-35A telah digunakan oleh Angkatan Udara AS dan beberapa negara Eropa.


Lockheed Martin memenangkan proyek ini dan menyingkirkan tiga pesaingnya yakni Eurofighter buatan Airbus, F/A-18 Super Hornet buatan Boeing, dan Dassault's Rafale dari Prancis.


Untuk sistem pertahanan udara berbasis darat (GBAD), Patriot mengalahkan pesaingnya dari SAMP/T yang dikembangkan oleh Eurosam Prancis.


"Hasil evaluasi mengungkapkan bahwa kedua sistem ini menawarkan manfaat keseluruhan tertinggi dengan biaya keseluruhan terendah," kata pemerintah Swiss.


Meski menjadi negara netral, Swiss merasa perlu melengkapi diri dengan kemampuan militer mumpuni. Terlebih negara Eropa itu memiliki program wajib militer bagi pria.


"Armada 36 jet tempur akan cukup besar untuk memenuhi kebutuhan perlindungan wilayah udara Swiss dalam jangka panjang dalam situasi ketegangan yang berkepanjangan," kata pemerintah.


"Angkatan Udara harus dapat memastikan bahwa wilayah udara Swiss tidak dapat digunakan oleh pihak asing dalam konflik militer." (*)


ADSEN KIRI KANAN