Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Selama PPKM Darurat, KUA Tak Layani Pendaftaran Nikah

Kamis, 15 Juli 2021 | 11:47 WIB Last Updated 2021-07-15T04:47:32Z
ilustrasi


Jakarta - Kementerian Agama memastikan bahwa Kantor Urusan Agama (KUA) tak melayani pendaftaran nikah selama masa penerapan PPKM Darurat hingga 20 Juli 2021 mendatang.


Hal itu berdasarkan Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Kemenag Nomor: P-001/DJ.III/Hk.007/07/2021 Tentang Petunjuk Teknis Layanan Nikah Pada KUA Kecamatan Masa PPKM Darurat.


"Pendaftaran nikah untuk pelaksanaan akad nikah tanggal 3 sampai dengan 20 Juli 2021 ditiadakan," bunyi salah satu poin edaran tersebut sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


KUA hanya melayani pelaksanaan akad nikah pada masa PPKM Darurat bagi calon pengantin yang telah mendaftar sebelum tanggal 3 Juli 2021.


Kemenag meminta bagi calon pengantin yang telah melakukan pendaftaran nikah wajib melengkapi seluruh dokumen persyaratan nikah kepada petugas KUA Kecamatan.


KUA juga mensyaratkan tes swab Antigen bagi para calon pengantin, wali nikah, dan 2 (dua) orang saksi. "Hasil swab antigen berlaku minimal 1x24 jam sebelum pelaksanaan akad nikah," bunyi edaran tersebut sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


Selain itu, KUA juga mengatur bahwa pelaksanaan akad nikah wajib menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Edaran itu mengatur bahwa pelaksanaan akad nikah yang diselenggarakan di KUA Kecamatan atau di rumah dihadiri paling banyak 6 orang.


Sementara itu, pelaksanaan akad nikah yang diselenggarakan di gedung pertemuan atau hotel tidak boleh lebih dari 30 orang.


Bahkan, KUA meminta pihak calon pengantin untuk menandatangani surat pernyataan kesanggupan mematuhi protokol kesehatan bermeterai.


"Dalam hal protokol kesehatan tidak dapat terpenuhi, Kepala KUA Kecamatan/Penghulu dapat menunda/membatalkan pelaksanaan akad nikah disertai alasannya secara tertulis," bunyi edaran tersebut. (*)



ADSEN KIRI KANAN