Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Satgas TMMD Kunjungi Usaha Pembuatan Pupuk Organik Milik Sugiman

Sabtu, 03 Juli 2021 | 13:29 WIB Last Updated 2021-07-03T06:29:02Z



Pati, Fajarharapan.id -Dalam rangka pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 0718/Pati di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Jawa tengah, mempunyai target pembangunan fisik dan non fisik. Selain kegitan tersebut, disela-sela kesibukan dalam pengerjaan sasaran fisik anggota Satgas kerab kali melaksanakan kegiatan komunikasi sosial (komsos) dengan warga setempat.


Kali ini terlihat Serda Sukarji anggota Satgas TMMD Reguler Kodim Pati membantu Bapak Sugiman (61) warga Dukuh Kemiri, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, dalam pembuatan Kompos untuk dijual sebagai pupuk organik yang biasa di gunakan warga Desa Tamansari dan sekitarnya, Jum'at (02/7/2021).


Dalam kesempatan tersebut Sukarji menjelaskan, pembuatan Kompos ini dimulai  pengumpulan sampah organik, kotoran Sapi maupun Kambing yang banyak dipelihara oleh masyarakat Desa Tamansari, kemudian diproses oleh Bapak Sugiman menjadi pupuk kompos atau pupuk organik.


Sementara itu Sugiman pemilik usaha pupuk kompos, menjelaskan, usaha ini sudah diawali semenjak 3 tahun yang lalu, selama ini pembuatan kompos ini dikelola sendiri dengan dibantu beberapa orang pekerja. Pasalnya pembuatan pupuk kompos ini butuh proses, mulai dari pengumpulan bahan, penggilingan, pencampuran bahan dan memasukkan kedalam karung dan didiamkan selama kurang lebih satu bulan.


Ditambahkan Sugiman, ia sangat senang dengan kehadiran anggota satgas TMMD yang telah bersedia untuk membantu proses penggilingan bahan pembuatan pupuk organik di tempat usahanya.


"Saya senang dan bangga bisa di bantu oleh anggota Satgas TMMD untuk mengolah sampah organik dan kotoran ternak manjadi pupuk organik  atau Kompos, meski mereka sangat sibuk dalam mengerjakan program TMMD untuk membangun Desa Tamansari," ujar Sugiman. (0718)

ADSEN KIRI KANAN