Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Satgas TMMD Bantu Warga Tanam Sayuran Dengan Cara Tumpang Sari

Jumat, 09 Juli 2021 | 14:51 WIB Last Updated 2021-07-09T07:51:51Z



Pati, fajarharapan.id -Anggota satgas TMMD reguler ke 111 Kodim Pati selepas bekerja mereka memanfaatkan waktu untuk membantu warga sekitar yang sedang bekerja diladang. Seperti yang dilakukan Serda Supriyadi yang membantu Narti (45) warga Dukuh Kemiri, Desa Tamansari menanam tomat yang sebelumya telah ditanami kacang tanah. Kamis (08/07/2021).


Dijelaskan oleh Narti bahwa seminggu sebelumnya ia menanami kacang tanah kemudian sore ini menanam tomat. Ia memilih menanam dengan cara Polikultur atau tumpang sari yaitu suatu bentuk sistem pola tanam campuran yang melibatkan dua jenis tanaman atau lebih pada satu areal dalam waktu yang bersamaan atau hampir bersamaan.


"Saya dalam melakukan pola tanam tumpang sari harus memperhatikan pemilihan tanaman yang akan dikombinasikan sehingga tidak merugikan atau saling menghambat pertumbuhan antara satu tanaman dengan tanaman lainnya," terangnya.


Sementara Serda Supriyadi yang pernah mengikuti penataran pertanian mengatakan, cara tumpang sari banyak sekali keuntungan dibandingkan pola tanam monokultur, melalui mekanisme seperti penyediaan unsur hara dimana Jenis tanaman keluarga polong-polongan dapat berperan sebagai penyedia unsur hara. 


"Saya banyak melihat diDesa Tamansari sudah banyak yang melakukan pertanian dengan sistem cara tumpang sari," ungkapnya.

ADSEN KIRI KANAN