Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Satgas TMMD Bantu Warga Rontokan Padi Dengan Pedal Thresher

Minggu, 11 Juli 2021 | 17:47 WIB Last Updated 2021-07-11T10:47:47Z



Pati, fajarharapan.id -Banyak hal yang dilakukan satgas TMMD reguler 111 Kodim Pati disela kegiatan istirahatnya dalam bekerja, mereka memanfaatkan waktu untuk komsos menjalin keakraban dengan masyarakat Desa Tamansari, seperti yang dilakukan Serda Muslimin yang membantu Darno (50) warga Dukuh Kemiri, Desa Tamansari yang merontokan padi dengan alat Pedal Thresher yaitu merupakan alat perontok padi dengan konstruksi sederhana dan digerakan menggunakan tenaga manusia, Sabtu (10/07/2021).


Dikatakan oleh Darno setiap panen padi, petani disini setiap melaksanakan panen untuk merontokan padi menggunakan alat Pedal Thresher, meskipun tergolong masih sederhana namun lebih efisien dibandingkan dengan alat yang bernama Gebotan padi. 


"Kelebihan alat Pedal Thresher mampu menghemat tenaga dan waktu juga pengoperasiannya sangat mudah. Alat  ini pun mampu mengurangi kehilangan hasil dengan kapasitas kerja 75-100 kg/jam dan cukup dioperasikan oleh satu orang," ucapnya.


Sementa itu Serda Muslimin yang sedang ikut membantu, ia dengan semangatnya mengoprasionalkan alat perontok padi tersebut. Padi yang sudah dipotong dan ditumpuk akan siap dirontokan menjadi gabah kemudian untuk jeraminya bisa dimanfaatkan untuk pakan sapi atau kambing.


"Setelah selesai merontokan padi biasanya petani disini akan kumpulkan jerami disuatu tempat untuk dibawa pulang sebagai pakan ternak," ungkapnya.

ADSEN KIRI KANAN