Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Satgas TMMD Bantu Warga Mengairi Bedeng Bawang Merah Sebelum Tanam

Rabu, 07 Juli 2021 | 14:22 WIB Last Updated 2021-07-07T07:22:31Z



Pati, fajarharapan.id -Anggota satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 111 Kodim 0718/Pati, Serda Muslimin melaksanakan kegiatan komunikasi sosial dipembudidayaan bawang merah milik Naryo (50), di Dusun Kemiri Rt.02/Rw.01, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, yang kesehariannya menekuni usaha bidang pertanian tanam bawang merah, Selasa (06/07/2021).


Saat ini Naryo sedang mengairi bedeng yang akan digunakan untuk menanam bawang merah, ia menjelaskan jika bedeng setelah digemburkan maka dijaga kelembaban tanah dengan cara di semprot dengan air secara berkala, menjaga agar tanah tidak kering atau tandus.


"Alhamdulillah saya dibantu pak TNI menyiapkan pengairan lahan, karena air yang saya dapat dari tanah yang dibuat sumur bor kemudian air disedot dengan mesin diesel. Kalo mengangkat sendiri mesin ini kesulitan untungnya ada bapak TNI, karena anak saya yang biasa membantu sedang tidak enak badan istirahat dirumah," ungkapnya


Ia juga menambahkan cara pengolahan tanah dan penanaman

yang dibuat bedengan lebar 1 sampai 1,2 meter, tinggi 20-30 cm dan panjang sesusai dengan kondisi kebun. Jarak antar bedengan 50 cm, sekaligus dijadikan parit sedalam 50 cm. Cangkul bedengan sedalam 20 cm, gemburkan tanahnya. Bentuk permukaan atau bagian atas bedengan rata, tidak melengkung.


Sementara itu Serda Muslimin mengatakan, jika ia memanfaatkan waktu istirahat untuk membantu warga yang sedang beraktivitas dalam pekerjaannya. "Sambil menjalin keakraban dengan warga juga saya sambil belajar cara budidaya bawang merah serta membuat bedengan yang baik dan benar sebagai penambah pengetahuan," ujarnya.

ADSEN KIRI KANAN