Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Ridwan Kamil Beri Bonus untuk Atlet Windy Cantika

Senin, 26 Juli 2021 | 08:00 WIB Last Updated 2021-07-26T01:00:00Z

Windy Cantika Aisyah atlet angkat besi peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020


Jakarta - Ridwan Kamil memastikan Pemerintah Provinsi Jabar bakal memberikan uang sebesar Rp300 juta kepada atlet angkat besi yang mendapat medali perunggu di Olimpiade 2020, Windy Cantika Aisyah.


Lifter asal Kabupaten Bandung itu berhasil menyumbangkan medali pertama bagi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Prestasi atlet asal Jawa Barat (Jabar) yang meraih perunggu di kelas 49 kilogram putri.


"Dari Bapak Presiden Jokowi akan memberikan bonus Rp1 miliar ya kan, dari Provinsi ada Rp300 jutaan sesuai kesanggupan kita. Mohon nanti ditabung ya, diawet-awet supaya nanti pas masa tua, fisik tidak memungkinkan uangnya bisa membantu diinvestasikan kira-kira begitu," kata Emil saat berbincang dengan Windy via Live Instagram, Minggu (25/7/2021) sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


Dalam perbincangan yang berlangsung sekitar 30 menit itu, Emil juga menanyakan sejumlah hal kepada Windy. Salah satunya soal bagaimana pesan atlet bagi anak muda lainnya di Indonesia.


"Pesan kamu untuk geng rebahan apa? Yang mungkin mengangkat galon saja mengeluh," tanya Emil.


"Mungkin pesan dari Windy sih tetap semangat, tetap kerja keras. Karena dalam agama saya, orang tua harus dibanggakan dan diangkat harkat, derajat dan martabatnya. Itu hukumnya wajib, jadi semangat untuk banggakan orang tua, bukan doakan umur mereka pendek, tetapi selagi mereka ada kenapa tidak dibahagiakan,"ujar lifter berusia 19 tahun itu.


Menurut Emil, prestasi lifter putri Indonesia telah membanggakan Indonesia. Apalagi, ini pertama kalinya Windy mengikuti Olimpiade. Orang nomor satu di Jabar ini juga mengucapkan selamat kepada Windy.


"Jadi kembali lagi atas nama masyarakat Indonesia dan Jawa Barat, kita sangat bangga. Mudah-mudahanan prestasi kamu terus naik," ujar mantan Wali Kota Bandung itu.


Seperti diketahui, Indonesia merebut medali pertama di Olimpiade Tokyo 2020 usai Windy Cantika Aisah merebut medali perunggu dari cabang angkat besi kelas 49 kilogram putri di Tokyo, Jepang, Sabtu (24/7/2021).


Windy merebut medali dengan total angkatan 194 kilogram. Medali emas direbut wakil China Zhihui Hou dan medali perak menjadi milik wakil India Chanu Saikhom Mirabai.


Windy sempat gagal dalam upaya pertama snatch di berat 84 kilogram. Lifter 19 tahun itu kemudian sukses melakukan angkatan 84 kilogram di usaha kedua, namun kemudian gagal pada usaha snatch ketiga di 87 kilogram.


Windy mengakhiri angkatan snatch di posisi keempat di bawah Zhihui Hou yang memecahkan rekor snatch Olimpiade dengan 94 kilogram, Chanu Saikhom (87 kg), dan Jourdan Elizabeth De La Cruz (86 kg).


Pada angkatan clean and jerk, Windy sukses mengangkat 103 kilogram pada usaha pertama. Lifter asal Bandung, Jawa Barat, itu mempertajam total angkatan setelah melakukan clean and jerk di 108 kilogram pada usaha kedua.


Windy kemudian sukses melakukan angkatan clean and jerk di 110 kilogram pada usaha ketiga. Angkatan itu membuat Windy memastikan medali perunggu dengan total angkatan 194 kilogram. Ini adalah medali pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.


Zhihui Hou asal China menciptakan rekor Olimpiade dengan total angkatan 210 kilogram, sementara Chanu Saikhom memiliki total angkatan 202 kilogram. (*)



ADSEN KIRI KANAN