Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Ratusan Rumah di Aceh Jaya Terendam Banjir

Minggu, 11 Juli 2021 | 21:05 WIB Last Updated 2021-07-11T14:05:17Z

 

Banjir di wilayah Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh mengakibatkan 425 jiwa terdampak (Arsip BNPB)


Jakarta
 - Banjir di Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh meluas akibat luapan Sungai Krueng Masin. 


Hal ini terjadi usai hujan turun dengan intensitas tinggi pada Sabtu (10/7). Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan laporan dari Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Jaya menunjukkan sekitar 262 unit rumah terendam banjir dengan tinggi muka air (TMA) 29 cm-70 cm. 


Bencana ini berdampak pada 452 jiwa yang tinggal di dua desa dan enam gampong di Kecamatan Darul Hikmah, sebagaimana dikutip cnnindonesia.com.


Abdul merinci wilayah yang terendam banjir, yakni Desa Lam Tengoh, Desa Panton Krueng, Gampong Baro, Gampong Alue Gajah, Gampong Gunong Cut, Gampong Ujong Rimba, Gampong Sayeung, dan Gampong Babah Dua. 


Menurut Abdul, BPBD Kabupaten Aceh Jaya telah meninjau lokasi, mengkaji cepat, dan membantu proses evakuasi warga yang terdampak bersama tim gabungan dari lintas instansi terkait. 


Sejauh ini, kebutuhan yang mendesak di lapangan adalah sembako bagi warga yang terdampak. BNPB juga belum mendapatkan laporan terkait korban jiwa. Cuaca masih berawan hingga hujan dengan intensitas ringan dan banjir belum surut.


Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Aceh masih berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir. 


Wilayah lain yang berpotensi hujan disertai angin kencang, yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung. 


Selanjutnya Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua. (*)

ADSEN KIRI KANAN