Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Rapat Paripurna menyampaikan pandangan umum fraksi DPRD atas nota Bupati terhadap Ranperda RPJMD 2021-2026.

Sabtu, 24 Juli 2021 | 13:10 WIB Last Updated 2021-07-24T06:10:41Z
Lima Puluh Kota, fajarharapan.id  - DPRD Lima Puluh Kota melaksanakan Rapat Paripurna menyampaikan pandangan umum fraksi DPRD atas nota Bupati terhadap Ranperda RPJMD 2021-2026  Gedung DPRD, Sarilamak, Kamis, (22/07/2021). 

Pandangan umum fraksi disampaikan terkait ranperda RPJMD dimana setiap fraksi telah melakukan pencermatan secara mendalam terkait Ranperda RPJMD ini dengan memberikan pandangan umum beberapa cacatan pertanyaan dan masukaan dan lebih menyempurnakannya.

Dimana secara sistimatikan penyusunan RPJM 2021-2026 sudah sangat baik, tetapi belum menemukan program yang siknifikan sehingga terkesan dalam pencapaian progran masih normatif dan tidak progresif.

Misalnya, dalam menyusun struktur perencanaan dalam hal ini kami fraksi2 mendorong kemauan politik bupati harus kuat dalam mewujudkan program pembangunan yang sesuai dengan misi dan fisinya yang mengacu pada undang-undang No 25 Tahun 2004. 

Penysunan RPJMD perlu memenuhi prinsip-prinsp salah satunya prinsio politis legislasi hal ini juga diatur permendagri no.6 tahun 2017. 

Penyusunan RPJMD perlu dilaksanakan secara trasparan akuntable dan melibatkan masyarakat seluruh stekholdedalam pengambilan keputusan perencanaan dan diharapkan berjalan secara demokratis dan partisipatif kebutuhan masyarakat.

Sehingga, perlu diperhatikaan dalam penyusunan RPJMD, bakan penysunan ROJMD perlu adanya sinergi dengan perencanaan strategi diatasnya RPJPD dan RPJM Nasional. 

Dalam pendapatan dan belanja APBD terlihat kesenjangan yang cukup tinggi dimana belanja untuk aparatur masih sangat tinggi sementara belanja untuk meningkatkan sarana dan prasarana bantuan sosial relatif tetap, bagaimana strategi mengubahnya perlu kerja nyata dan kerja keras penerintah selanjutnya dalam penyusunan ROJMD.
Maka, perlu landasan atau sandaran hukum yang lebih prinsp dan kuat terkait  keadilan hak mendapatkan kesejahteraan masyarakat agar singkron dengan pencapaian misi dan terwujudnya masyarakat yang madani.

Hadir dalam rapat Peripurna Wakil Bupati Lima Puluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri, Forkopimda, Polres Kota Payakumbuh, wakil ketua dan anggota DPRD Lima Puluh Kota, Sekca, Sekwan, Staf Ahli.

Serta Asisten,Kepala Dinas, Kepala Badan dan jajaran pemerintahan Lima Puluh Kota, juga para insan pers media cetak, media elektronik, media online serta tamu undangan lainnya.
(Humas/Zik)

ADSEN KIRI KANAN