Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Puluhan Warga Kinali Demo Tuntut Pj. Walinagari agar Dicopot

Senin, 26 Juli 2021 | 15:28 WIB Last Updated 2021-07-26T08:28:46Z
Puluhan aparat siap siaga pada demo warga Kinali, Pasaman Barat menuntut Pj walinagari dicopot, Senin (26/7/2021).


Pasbar, fajarharapan.id -  Puluhan warga Kinali, Pasaman Barat demo dan menuntut Pj Walinagari Kinali dicopot jabatannya, Senin (26/7/2021).


Aksi damai ini kali pertama sepanjang sejarah pemerintahan nagari itu menuntut Pj walinagari mundur. Orator demo menyampaikan tuntutan di halaman kantor Walinagari Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat.


Pantauan media ini sebelum berorasi di kantor Walinagari Kinali mereka juga melakukan unjuk rasa di Kantor KAN Kinali. Terlihat, menju pintu masuk kantor Walinagari saat itu mendapat pengawalan dan pagar betis dari puluhan aparat gabungan TNI dan Polri (Polsek Kinali dan Polres) hingga ke ruang pelayanan, yang dipimpin langsung oleh Polsek Kinali, AKP Defrizal, SH, MH.


Orator unjuk rasa, Firdaus alias Buya memaparkan. Peserta aksi damai ini terdiri dari keterwakilan masyarakat barisan cucu kemenakan ninik mamak dibawah naungan KAN Kinali. 


"Langkah ini kami tempuh akibat kebijakan PJ. Walinagari Kinali yang meresahkan masyarakat, dengan turut mengakui adanya raja kerajaan di Kinali dan ninik mamak tandingan sebagai KAN yang baru. 


Hal ini berdampak luas terhadap sosial masyarakat bahkan ada indikasi diskriminasi pelayanan terhadap masyarakat buntut dari kebijakan PJ. Wali ini.


Pada pemerintah daerah mereka meminta, untuk mengkaji sikap yang telah dilakukan Pj walinagari tersebut, sebelum terjadi kericuhan yang lebih luas di tengah masyarakat. 


"Pada Bupati Pasbar H. Hamsuardi kami meminta, jika tujuannya untuk membangun nagari segera copot Muslim dari jabatannya sebagai PJ. Walinagari Kinali. Jika tidak, kami akan tetap bertahan disini sampai ada sikap tegas dari Bupati, kapan perlu kami akan dirikan tenda disini," ungkapnya.


Terpisah, saat ditemui di ruang kerjanya PJ. Walinagari Kinali Muslim, SH., Menegaskan. Sebagai kepala pemerintahan nagari Kinali ia tidak bisa memenuhi tuntutan yang disampaikan para pengunjuk rasa. 


"Saya hanya berpedoman pada aturan yang disampaikan bupati, dan tidak ada diskriminasi, semua pelayanan tidak dibeda-bedakan. Jika tidak ada yang berkenan silahkan lalui mekanisme yang ada," ujarnya. 


Guna menjaga Kamtibmas pada para pengunjuk rasa Kapolsek Kinali AKP Defrizal, SH, MH., mengingatkan untuk mengutamakan keamanan dan ketertiban, serta mengedepankan protokol kesehatan. 


"Semua ada aturannya, ingat jangan sampai ada yang anarkis, sebap tiap tindakan ada pertanggungjawabannya," tegas Kapolsek.(By roni)

ADSEN KIRI KANAN