Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Puluhan Korban Kebakaran di Manggarai Mengungsi ke Karang Taruna

Selasa, 20 Juli 2021 | 15:35 WIB Last Updated 2021-07-20T08:35:00Z
Puluhan warga Manggarai korban kebakaran mengungsi ke kantor karang taruna. (detik.com)


Jakarta - Sejumlah rumah warga di Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan (Jaksel), terbakar. Puluhan warga korban kebakaran memilih mengungsi ke kantor karang taruna setempat.


"Itu ada 70 (warga). Balita 10, lansia 12, yang cacat mental 1, dewasa," kata Ketua RT 11 Warsono saat ditemui di lokasi, Selasa (20/7/2021).


Puluhan warga tersebut mengungsi sejak Senin (19/7) sore. Warsono mengatakan lokasi karang taruna dapat dimanfaatkan warga untuk tinggal sementara.


"Mereka ini sudah ngungsi sejak kemarin sore. Pas kejadian, langsung diarahin ke sini. Ya daripada karang tarunanya nggak kepakai gitu kan," ujar Warsono, sebagaimana dikutip detikcom.


Warga yang menjadi korban kebakaran telah mendapatkan bantuan. Mereka mendapatkan makan hingga air untuk keperluan minum.


"Ya kalau bantuan udah dikasih ya mulai kemarin. Kemarin sore udah dikasih makan, tadi pagi juga. Terus sama ada bantuan air juga dalam bentuk botol," ujarnya.


Warsono mengatakan sampai saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. Dia menyebut pihak kepolisian masih menyelidiki kejadian itu.


"Ini lagi diselidiki polisi. Belum tahu persis penyebabnya apa," kata dia.


Sementara itu, salah satu warga, Suprihati, bersyukur selamat dari musibah itu. Bersama warga yang lain, dia kini menempati karang taruna untuk sementara.


"Ya namanya musibah ya mau gimana lagi. Kita juga nggak bisa ngapa-ngapain. Kalau dikasih ya udah, mau ngeluh gimana? Kan bukan cuma satu orang doang yang kena. Yang rugi kan semuanya," ujar Suprihati.


Dia pun menilai ada hikmah di balik musibah ini. Karen itulah, dia enggan mengeluh dan memilih bersabar menghadapi ujian tersebut.


"Saya tuh yang penting selamat, nyawa yang penting. Rezeki mah udah ada yang ngatur, ya istilahnya rezeki bisa dicarilah. Kita juga nggak bisa nyalahin pemerintah begini-begitu. Percaya ada hikmahya," paparnya.


Pasukan Oranye Bersihkan Puing

Sementara itu, sejak pagi, pekerja Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau pasukan oranye tampak membersihkan puing-puing bangunan sisa kebakaran. Mereka pun turut membersihkan beberapa titik lain agar tidak ada serpihan yang tersisa.


Dilihat detikcom, jumlah PPSU yang sedang bekerja hingga siang pukul 12.27 WIB sebanyak 23 orang. Mereka pun menyapu jalan serta membersihkan beberapa titik di lokasi.


Warga yang mengungsi di karang taruna tampak mengobrol, bermain, dan mengasuh anak. Suasana di dalam ruangan tampak cukup ramai.


Sementara itu, di teras karang taruna, tampak beberapa warga sekitar sedang menjaga makan siang. Mereka pun mendata warga yang sudah mendapatkan makanan.(*)

ADSEN KIRI KANAN