Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Polres Pasaman Barat Kumpulkan Penilaian ITK Online

Kamis, 29 Juli 2021 | 19:12 WIB Last Updated 2021-07-29T12:12:38Z

.


Pasbar fajarharapan.id - Polisi Resor (Polres) Pasaman Barat (Pasbar), Wilayah hukum Polda Sumbar melaksanakan kegiatan pengumpulan data persepsi penilaian Indeks Tata Kelola Online (ITK-O) Tahun 2021.


Kegiatan yang berlangsung di Aula Mapolres Pasbar pada Kamis (29/7/2021).


Kegiatan itu dibuka Wakapolres Kompol Joko Hendro Leksono, didampingi Kepala Bagian Perencanaan (Kabag Ren) Polres Pasaman Barat, Kompol Ikbal Harun.


Kegiatan Responden eksternal ini juga, turut dipandu oleh peneliti lokal Badan Pusat Statistik Pasaman Barat serta diikuti oleh puluhan responden eksternal.


Wakapolres Kompol Joko Hendro Leksono menyampaikan, Polres Pasbar perlu penilaian dari para responden guna untuk meningkatkan kinerja, khusunya dalam pelayanan publik diwilayah hukum Polres Pasbar.


“Ini merupakan wujud komitmen Polri untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ucapnya.


Harapannya, Polres Pasbar lebih profesional, bersih dan bebas dari KKN, pelayanan publik yang berkualitas dan birokrasi yang efektif dan efisien dalam kerangka dan semangat program “PROMOTER”.


Wakapolres menambahkan, istilah ITK Online adalah instrumen untuk mengukur kinerja dan capaian program Reformasi Birokrasi Polri.


Indeks tata kelola menjadi landasan bagi pengambilan kebijakan berdasarkan bukti dan alat perbandingan kinerja yang objektif,adil dan akurat,”jelasnya.


“Sesuai dengan Perkab nomor 5 tahun 2018 tentang pengukuran tata kelola Polri,” katanya


Sementara Kabag Ren Kompol Ikbal Harun dalam kesempatan itu mengatakan, setelah kegiatan ini kita bisa dapat melakukan koreksi pada sisi yang dianggap kurang.


"Kita bisa lebih baik lagi dari sebelumnya untuk melayani dan mengayomi masyarakat,” ujar Ikbal.


Kegiatan tersebut bertujuan  sebagai tolak ukur kinerja secara obyektif, fair, dan akurat yang dinilai melalui dari laman resmi https://itk.polri.go.id yang tersedia di Android peserta responden.


Mewujudkan aparatur Polri yang bersih dan bebas dari KKN, peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja Polri.


Sekaligus menjadi alat penggerak Revolusi Mental dalam menciptakan aparatur Polri yang profesional, Anti KKN dan Humanis.


Wakapolres menegaskan, kepada seluruh personel yang bertugas di satuan di Jajaran Polresta untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.


“Baik buruknya kinerja kita semua dinilai bukan hanya dari Pimpinan, melainkan dari masyarakat. Maka berikan yang terbaik dalam mengabdikan diri sebagai anggota Bhayangkara sejati,” tegasnya.


“Mudah mudahan kami bisa mendapat penilaian lebih baik lagi, sesuai dengan tujuan pimpinan Polri, khususnya Polres Pasbar,” pungkasnya.


Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi Indeks Tata Kelola (ITK) Polri oleh peneliti lokal BPS Pasbar.


Puluhan responden eksternal yang hadir itu, berasal dari unsur Pemerintah, Anggota DPRD Pasbar, BNK, BPBD, Kejaksaan, akademisi, Dishub Laut (Syahbandar), Asosiasi Buruh, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, LSM dan sejumlah wartawan. (By roni)

ADSEN KIRI KANAN