Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Plt Kadisdikbud Pd. Pariaman Didaulat Sembelih Hewan Kurban

Kamis, 22 Juli 2021 | 16:25 WIB Last Updated 2021-07-22T09:25:57Z

.

Sungai Sariak, fajarharapan.id - Plt.Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Padang Pariaman Drs.Anwar,M.Si didaulat melakukan penyembelihan hewan qurban di SDN 34 Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kamis (22/07/21).


Mantan Kepala BKPSDM menyatakan, bahwa kegiatan ibadah qurban merupakan sentuhan rohani dan sosial di tengah-tengah masyarakat


"Kita sangat mengapresiasi kegiatan penyembelihan qurban maupun wisuda Tahfidz yang telah diagendakan setiap tahunnya di SDN 34 Sungai Sariak ini. Kalau bisa berkembang ke sekolah lain di Kabupaten Padang Pariaman," mintanya.


Kegiatan ibadah qurban yang merupakan kegiatan berhubungan dengan rohani, juga berkaitan dengan sosial yang dagingnya dibagikan kepada masyarakat tetangga, kata Anwar.


Kata dia, juga perlu kita kembangkan gerakan tahfidz kepada Siswa yang telah dilakukan SDN 34 Sungai Sariak ini. Program yang demikian, maka diperoleh siswa hafidz dan Hafidzah yang cerdas dan disiplin dalam hidupnya serta terpelihara ibadah shalatnya dengan baik


Namun demikian, menurut dia, berbagai kegiatan yang dilakukan di Sekolah agar didukung oleh tenaga pendidik, tenaga kependidikan bersama Komite Sekolah.


Kedepannya, kata mantan Kepala BKPSDM itu, beragam tantangan yang dihadapi anak didik. Terutama kemajuan teknologi yang begitu pesat, maka diperlukan komitmen dan manyamakan persepsi untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang religius dan sejahtera di Daerah ini.


Untuk itu, para Kepala Sekolah harus mampu mensiasati program kerja yang bisa dikembangkan di Sekolah masing-masing, tegas dia


Kepala SDN 34 Sungai Sariak Hendriadi, M.Pd melaporkan kegiatan penyembelihan qurban tahun 2021 ini merupakan kelima kalinya sejak tahun 2017 lalu yang berawal dari seekor kambing, tahun 2018 seekor sapi, tahun 2019, 2020 dan 2021 masing-masing 2 ekor sapi.


Peserta qurban, kata Hendriadi, berasal dari tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan serta warga masyarakat di sekitar Sekolah.


"Daging dibagikan kepada anak didik dan warga masyarakat sekitar Sekolah yang berada di Nagari Balah Air Utara" sebut putra Marunggi Kurai Taji itu.


Ia juga melaporkan telah melaksanakan kegiatan Wisuda Tahfidz di SDN 34  sebanyak 5 kali yang dimulai tahun 2017 lalu.


Didamping kita melaksanakan program wajib yang tertuang dalam Kurikulum dan PBM, juga melaksanakan program Tahfidz. Untuk kegiatan program Tahfidz di Sekolah bersama Komite Sekolah mengambil motto Nagari Siswa Tahfidz (Nagasita).


"Alhamdulillah, dengan motto "Nagasita"  akan terwujud Satu Keluarga Satu Tahfidz setiap tahunnya. Program kita ini mendapat dukungan positif dari Pemerintahan Nagari bersama warga masyarakat Balah Aie Utara", ujar Hendriadi terbata-terbata penuh haru. (sri)

ADSEN KIRI KANAN