Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Pentingnya Pemadatan Cor Beton Bagi Kekuatan Jalan betonisasi

Jumat, 02 Juli 2021 | 14:00 WIB Last Updated 2021-07-02T07:00:48Z



Pati, Fajarharapan.id -  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 111 Kodim 0718/Pati di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati saat ini sedang berlangsung dan dalam pelaksanaannya telah memasuki hari ke tujuh belas. Pada pembangunan jalan betonisasi yang merupakan jalan penghubung antara desa Tamansari menuju Desa Sumberarum, satgas TMMD dan masyarkat secara bergotong-royong terus melanjutkan pekerjaan tersebut, Kamis (01/07/2021)


Dalam pekerjaan itu tampak terlihat anggota satgas TMMD bersama masyarakat sedang memadatkan adukan cor beton yang telah digelar. Dijelaskan oleh Serka Supeno anggota satgas TMMD 111 Kodim Pati, bahwa sebelum diratakan permukaan cor beton hendaknya dilaksanakan pemadatan terlebih dahulu, dengan tujuan untuk menghilangkan rongga-rongga udara dan untuk mencapai kepadatan yang maksimal. Pemadatan juga menjamin suatu perlekatan yang baik antara beton dengan permukaan sarana lain yang ikut.


"Pemadatan beton adalah salah satu tahapan pada pekerjaan pengecoran beton. Tahapan pemadatan beton ini sangat penting untuk diperhatikan mengingat begitu besar pengaruhnya bagi kekuatan beton. Karena bila pemadatan tidak dilakukan dengan baik maka kualitas beton akan menurun dan mudah keropos sehingga akan timbul cracks," jelasnya


Pengecoran jalan betonisasi memang melalui beberapa tahapan. Dari semua proses tahapan tersebut harus selalu mengacu pada Juknis yang ada, sehingga hasil dalam pengecoran beton akan sangat berkualitas hasilnya.

ADSEN KIRI KANAN