Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Pemko Pariaman Drop 8 Unit Ventilator ke RSUP M. Djamil Padang

Selasa, 13 Juli 2021 | 15:50 WIB Last Updated 2021-07-13T08:50:01Z

.


Kota Pariaman, fajarharapan.id - Walikota Pariaman Genius Umar meminjamkan ventilator sebanyak 8  Unit ke RSUP M. Djamil Padang. Kepedulian Pemerintah Kota Pariaman itu dilatar belakangi terjadinya kekurangan pasokan ventilator oksigen serta membludaknya pasien Covid-19 yang bergejala berat, sehingga membutuhkan tambahan ventilator.


Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kesehatan Universitas Andalas (Unand) Padang Dr.dr.Andani Eka Putra, M.Sc, kepada tim media Center Kota Pariaman, Selasa (13/07/21) 


Kata dia, Walikota Pariaman bersedia meminjaman 8 buah ventilator untuk kebutuhan oksigen pasien Covid-19 di RSUD M Djamil.


"Saya sangat mengapresiasi Walikota Pariaman yang telah mengizinkan untuk meminjamkan ventilator kepada RSUP M Djamil Padang. Dan kondisi sekarang banyak pasien Covid-19 yang mengantre masuk ICU. Lagi, kekurangan ventilator akhirnya menunggu ada pasien yang meninggal terlebih dahulu untuk bisa masuk ICU" jelasnya.


Andani juga menjelaskan ketersedian 255 kapasitas tempat tidur ICU yang khusus pasien Covid-19 di RSUP M Djamil dan kini sudah penuh 


"Untuk saat ini ada penambahan sebanyak 86 ketersediaan tempat tidur di ICU RSUP M Djamil" ungkap dia.


Disebutkan Andani, situasi saat ini, RSUP M Djamil Padang berada di posisi tanggung jawab terakhir untuk menangani pasien Covid-19 yang memiliki gejala berat atau kritis di Provinsi Sumatera Barat.


Selain itu, kata Tenaga Ahli Kemenkes RI itu, terdapat 3 (tiga) Daerah di Sumbar yang masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 12 Juli 2021. Yakni Kota Padang, Padang Panjang, dan Bukittinggi.


Sementara itu, Wako Genius Umar mengakui meminjamkan Ventilator oksigen yang ada di Daerah kepada RSUP dr.M.Jamil sebagai kepedulian dalam penanganan untuk pasien Covid-19 yang ada di Sumatera Barat. Terkhusus pasien yang dirawat intensif dan memerlukan ventilator untuk pasokan oksigen.


Ia menyampaikan, semoga apa yang kita lakukan dapat membantu pasien Covid-19 yang memerlukan ventilator. Kami mendapat laporan, ada pasien yang antre hingga 2 (dua) hari untuk bergantian memakai ventilator di RSUP M Djamil, maka kita meminjamkan  ventilator itu.


"Kota Pariaman tidak terlalu banyak pasien yang dirawat dan memerlukan bantuan ventilator. Jadi itu salah satu alasan kami untuk meminjamkan 8 ventilator yang ada di Dinas Kesehatan Kota Pariaman" ungkap dia. (j-saco)


ADSEN KIRI KANAN