Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Pemanfaatan Jerami Kering Sebagai Pakan Sapi Menghadapi Musim Kemarau

Kamis, 08 Juli 2021 | 15:31 WIB Last Updated 2021-07-08T08:31:11Z



Pati, Fajarharapan.id -TMMD reguler 111 Kodim Pati yang saat ini sedang berlangsung pelaksanaannya di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati. Di desa tersebut banyak dijumpai aktivitas pekerjaan warga selain bertani mereka memelihara  dengan beternak sapi maupun kambing karena bagi masyarakat Tamansari merupakan tabungan masa depan yang menjadi andalan. Hampir setiap keluarga petani yang ada di desa Tamansari memelihara sapi atau kambing dan bahkan tidak hanya satu ekor tetapi beberapa ekor dikandangnya. 


Makanan ternak di desa Tamansari bila musim penghujan tidak menjadi masalah karena makanan hijauan sangat mencukupi baik pohon jagung (tebon), rumput kolonjono maupun tanaman yang lain.Tetapi sebaliknya bila musim kemarau apalagi kemarau panjang maka makanan ternak menjadi masalah tersendiri bagi para petani maupun peternak yang ada. Untuk itu diperlukan kiat-kiat khusus yang bisa meringankan para peternak menyediakan makanan bagi ternaknya di musim kemarau.


Selama ini, Roso (70) warga Dukuh Kemiri, Desa Tamansari memanfaatkan jerami kering untuk pakan sapi miliknya, ia mengatakan bila datang musim kemarau rumput odot atau kalanjono kurang begitu subur. Sehingga jerami menjadi solusi yang penting bagi warga sebagai pakan sapi selain sebagai stock pakan. Rabu (07/7/2021)


"Cara membuat cadangan pakan dari jerami ya kita jemur atau dikeringkan dan pemberian pakanannya agar terpenuhi nutrisi saya fermentasikan terlebih dahulu," ungkapnya.


Sementara itu Serda Bari yang membantu warga memberi pakan sapi tersebut mengatakan jika kebanyakan warga disini setelah panen mereka membawa pulang jerami, yang kemudian mengeringkan agar tidak busuk. Pengeringan dengan cahaya matahari memang hal yang paling mudah cara mengawetkan jerami.

ADSEN KIRI KANAN