Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Paska Panen Padi, Warga Tamansari Menanam Jenis Palawija Dan Sayuran

Rabu, 14 Juli 2021 | 17:12 WIB Last Updated 2021-07-14T10:12:36Z



Pati, fajarharapan.id -Pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati tinggal menyisakan beberapa hari kedepan. Berbagai pekerjaan penyelesaian sasaran fisik TMMD telah banyak yang telah selesai. 


Seiring berjalannya TMMD kebersamaan dan keakraban dengan warga yang terjalin membuat mereka sangat dekat dengan Satgas TMMD, sehingga mereka sudah menganggap seperti saudara sendiri. Seperti yang dilakukan Serda Sudaryono yang membantu Ibu Sarpini (45) warga Dukuh Kemiri, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, menanam terong di lahan kebun miliknya, Selasa (13/07/2021).


Sementara Sarpini menjelaskan bahwa seminggu sebelumnya ia membajak sawahnya kemudian saat ini ditanam terong. Ia lebih memilih menanam terong dengan cara monokultur atau tanam satu jenis tanaman disuatu lahan.


“Saya hari ini menanam terong karena sebelumnya sudah saya bajak, menanam terong ini tidak saya campur dengan tanaman lain atau sistim tumpang sari,” ucap Sarpini.


Ia menambahkan, jika lahannya ditanam satu jenis tanaman atau monokultur yaitu dengan maksud teknis budidayanya relatif mudah karena tanaman yang ditanam maupun yang dipelihara hanya satu jenis. Sedangkan kelemahan sistem ini adalah tanaman relatif mudah terserang hama maupun penyakit, sehingga harus rajin merawatnya," pungkasnya.


Sementara Serda Sukarji anggota Satgas TMMD saat membantu menanam terong mengatakan, jika warga disini banyak diantaranya sedang sibuk menanam berbagai tanaman pertanian disawah miliknya.


"Saya mengamati kebiasaan warga disini setelah musim panen padi selesai, saat ini mereka berganti menanami lahan sawahnya dengan tanaman palawija dan sayur-sayuran karena keperluan air untuk kebutuhan tanaman masih mencukupi," kata Sukarji. (0718)

ADSEN KIRI KANAN