Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Olimpiade Tokyo Laporkan Kasus Pertama Atlet Positif Covid-19

Minggu, 18 Juli 2021 | 16:47 WIB Last Updated 2021-07-18T09:47:00Z

 

Penyelenggara Olimpiade Tokyo melaporkan kasus pertama infeksi virus corona (Covid-19) yang menjangkit atlet. (ist)

Jakarta - Penyelenggara Olimpiade Tokyo melaporkan kasus pertama infeksi virus corona (Covid-19) yang menjangkit atlet dalam gelaran tersebut.


Sebagaimana dilansir AFP, setidaknya ada dua atlet yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kampung Atlet Olimpiade Tokyo usai dilakukan tes.


"Dua atlet pertama dinyatakan positif Covid-19 di Kampung Atlet Olimpiade Tokyo," demikian keterangan salah seorang komite pada Minggu (18/7), beberapa hari sebelum Olimpiade dilangsungkan


Kasus Covid tersebut lantas meningkatkan kekhawatiran masyarakat atas gelaran Olimpiade yang akan resmi dimulai pekan depan.


Kampung Olimpiade merupakan kompleks apartemen yang menampung 6.700 atlet dan pihak komite penyelenggaraan Olimpiade 2020 yang sempat tertunda sejak tahun lalu karena pandemi.


Sementara, menurut laporan Reuters, setidaknya ada 10 kasus baru dalam kegiatan Olimpiade Tokyo yang menjangkit pihak media, kontraktor ataupun personel lainnya pada hari ini.


Jumlah tersebut menurun dari laporan sebelumnya, yakni sebanyak 15 kasus pada Sabtu (17/7).


Dalam hal ini, pihak yang terkonfirmasi positif Covid-19 salah satunya ialah Ryu Seung-min, anggota Komite Olimpiade Internasional yang berasal dari Korea Selatan. Dia terkonfirmasi positif usai mendarat di Tokyo, sebagaimana juga dikutip cnnindonesia.


Ryu Seung-min, yang juga merupakan mantap atlet Olimpiade terkonfirmasi positif meski sudah divaksinasi.


Olimpiade Tokyo 2020 awalnya dijadwalkan digelar pada Juli tahun lalu. Namun, multi-event tersebut digeser dan akan dibuka 23 Juli mendatang karena pandemi Covid-19 merebak.


Jepang awalnya membuat kebijakan agar tak ada warga asing yang menonton. Namun saat ini pihak pengelola resmi melarang penonton sama sekali untuk berada di venue pertandingan.(*)

ADSEN KIRI KANAN