Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Menguak Fakta Suara Gemuruh Misterius di Langit Bandung

Rabu, 28 Juli 2021 | 09:36 WIB Last Updated 2021-07-28T02:36:48Z

 

Suasana Kota Bandung

Bandung - Suara gemuruh yang terdengar di sebagian wilayah Kota Bandung sempat membuat heboh warga. Dalam catatan detikcom, suara keras yang muncul dengan durasi 10 - 20 menit itu terdengar tiga kali dari sepanjang tahun ini.


Suara gemuruh pertama terdengar pada Kamis, 11 Februari sekitar pukul 11.12 WIB. Dari rekaman yang diterima detikcom dari warga Sukajadi, suara gemuruh ini terdengar seperti tiupan angin kencang tak beraturan.


"Burung-burung milik tetangga juga pada bunyi begitu suara tersebut muncul, suaranya agak lama sekitar tiga menitan," kata Yusni salah seorang warga ketika itu.


Warganet pun turut mendengar suara gemuruh tersebut. "Dom Bandung ada yg denger suara gemuruh kaya peswat gitu juga ga?," kata @sarangseungwooo


Utas itu pun dibalas oleh pengguna lainnya, @urapsampeu_. Ia mengaku mendengarkan suara yang sama/ "Adaa teh di sukajadi jelas pisan :(," tulisnya.


"aku denger.. udah dari hari apa juga pernah. kalo pesawat jg aneh knapa ga kayak suara menjauh ya :(," kata pengguna Twitter lainnya @antohervwvia.


Kejadian Kedua 28 Mei 2021


Suara gemuruh kembali terdengar pada Jumat, 28 Mei 2021. Suara itu terdengar cukup jelas sekitar pukul 20.25 WIB.


Eva (30) warga Kelurahan Sukabungah tak begitu jelas mendengar suara tersebut karena tertutup deru kendaraan. Tetapi, tetangganya yang berada agak jauh dari tepi jalan raya ramai memperbincangkan suara gemuruh tersebut.


"Tadi ada tetangga dari belakang rumah datang ke depan buat memastikan, katanya mereka mendengarkan suara gemuruh," tutur Eva.


Suara gemuruh ini juga didengar oleh warganet di Twitter. Via Widyanuri dengan akun @vwvia mengatakan, selama pemberlakuan WFH ini tkadang terdengar suara gemuruh.


"Jadi selamawfh di bandung ini dari bulan apa yak.. mau pagi, atau siang,trskdg tengahmalem, ataumalem kayakskrgdenger suara gemuruh kayak pesawat lewat tapiudahannya tiba2ilang...kupikir over thinking aja. Tp beneran aneh aja," tulis @vwvia.


Fakta Terkuak


Terakhir suara gemuruh juga terdengar oleh warga pada Senin, 26 Juli 2021 pukul 22.10 WIB. Suara mirip deru mesin besar itu terdengar cukup kencang di heningnya malam.


BMKG Bandung pun sempat melakukan pengecekan secara ilmiah, tetapi dari hasil penelusuran tidak ada tanda-tanda yang mengarah kepada fenomena alam baik di bumi atau udara.


Teka-teki akhirnya terkuak, rupanya suara tersebut berasal dari aktivitas pemeliharan pesawat di Lanud Husein Sastranegara. Pasalnya, suara gemuruh itu memang hanya terdengar di kecamatan yang berbatasan langsung dengan lanud, yakni di Sukasari, Cicendo dan Sukajadi.


Pihak TNI AU membenarkan soal aktivitas pemeliharaan pesawat di lokasi tersebut. "Kemarin, jam sembilan malam itu, ada pemeliharaan. Ada engine running di Sathar 15," ucap Kapen Koharmatau Lanud Husein Sastranegara Mayor Ari Priyandoko saat dikonfirmasi.


Namun pihaknya menyangsikan suara pemeliharaan pesawat terdengar keras, bahkan hingga ke kawasan Sarijadi dan Sukajadi. Biasanya, menurut Ari, saat pemeliharaan pesawat itu suaranya hanya terdengar di sekitar area Lanud Husein. (*)

ADSEN KIRI KANAN