Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Mengenal Lebih Dekat Pohon Siwalan Di Tamansari

Rabu, 14 Juli 2021 | 16:58 WIB Last Updated 2021-07-14T09:58:31Z




Pati, fajarharapan.id -Di sepanjang jalur pantai utara Jawa Timur, seperti Gresik, Lamongan, dan Tuban banyak ditemukan pohon siwalan (Borrasus flabellifer)

Masyarakat biasa memanen pohon siwalan berupa buahnya, dan air nira-nya sebagai legen dan gula merah.


Tanaman siwalan merupakan tanaman multifungsi, semua bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan, dari buah buah, air nira sampai daunya bisa digunakan untuk kerajinan tangan. Dulu, daun lontar juga dijadikan media penulisan naskah lontar.

Perlu perhatian Pemerintah Daerah untuk petani-petani mengembangkan hasil pohon siwalan menjadi berbagai jenis olahan selain sirup dan gula.


Tidak terkecuali, pohon siwalan juga ada di wilayah Kabupaten Pati, yakni di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, tempat di gelarnya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-111 Kodim Pati yang beberapa hari lagi sudah berakhir.


Seperti terlihat gambar hasil pengambilan salah satu anggota TNI Satgas TMMD Reguler Kodim sedang melihat-lihat dari dekat pohon siwalan yang banyak tumbuh di Desa Tamansari dan berhasil mengabadikan di ponsel androidnya. Hal ini dilakukan hanya untuk kenang-kenangan bahwa dirinya pernah bertugas di desa ini sebagai anggota Satgas TMMD Reguler Kodim Pati, Selasa (13/7/2021)


Perlu diketahui, Desa Tamansari merupakan desa terpilih sebagai sasaran kegiatan TMMD Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati Tahun anggaran 2021. Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 sendiri adalah program terpadu dan lintas sektoral yang dilakukan dalam rangka membantu pemerintah dalam akselerasi pembangunan masyarakat baik fisik maupun non fisik.


Tujuan utama pelaksanaan TMMD ke-111 adalah untuk mensejahterakan masyarakat dan dalam rangka meningkatkan kemanunggalan TNI-rakyat. (0718)


ADSEN KIRI KANAN