Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Mataram Terima Penghargaan Kota Layak Anak (KLA)

Sabtu, 31 Juli 2021 | 19:44 WIB Last Updated 2021-07-31T12:44:55Z

 


Mataram, FajarHarapan.id - Pemerintah Kota Mataram menerima penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Madya Pada Tahun 2021 oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI.


Penghargaan diterima oleh Wakil Wali Kota Mataram TGH. Mujiburrahman secara virtual bertempat di Aula Pendopo Wali Kota Mataram, Kamis (29/07/2021). 


KLA merupakan sistem pembangunan berbasis anak yang dilakukan melalui integritas sumber daya pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan media yang memiliki program kebijakan untuk menjamin hak anak.


Penilaian dilakukan melalui evaluasi dari tim KemenPPPA RI, Tim dari Kementrian Lembaga dan Tim Independen dengan menilai 24 indikator yang terbagi kedalam enam klaster, yakni: klaster pertama, kelembagaan; kedua, Hak Sipil Kebebasan; ketiga, Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan; keempat, Kesehatan dan dasar dan kesejahteraan; kelima, Pendidikan, Pemanfaataan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya; keenam, Perlindungan Khusus.


Atas penghargaan yang diterima ini saat pandemi Covid-19 ini, Wakil Wali Kota Mataram TGH. Mujiburrahman bersyukur dengan prestasi yang dididapatkan.


Walaupun masih banyak hal-hal yang perlu dibenahi kedepan. Terutama dalam beberapa indikator penilaian yang masih belum dipenuhi, seperti pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD), yang saat ini sedang dilakukan kajian.


Untuk mencapai target tersebut, TGH. Mujiburrahman meminta agar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) untuk memperkuat koordinasi dengan dinas terkait yang memiliki tugas-tugas perlindungan anak.


“Jadi sinergitasnya perlu dilakukan, supaya hak anak dan perlindungan bisa diwujudkan,” ungkapnya. Sebagai mana dikutip dari halaman FB PPID Kota Mataram. 


Sementara itu, Kepala Dinas PPPA Kota Mataram Dra. Hj. Dewi Mardiana Ariany menyampaikan selaian pembentukan UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak, kedepan ada beberapa target yang perlu dioptimalkan untuk kelayakan kehidupan anak di Kota Mataram, seperti ruang bermain ramah anak, pemenuhan hak-hak dasar, pemanfaatan waktu luang dimasa pandemi, serta sosialisasi parenting untuk edukasi kepada orang tua agar tidak melakukan kekerasan terhadap anak. (AFR)

ADSEN KIRI KANAN