Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Lurah Balai Panjang Pimpin Warganya Goro Bersihkan Tali Bandar

Minggu, 11 Juli 2021 | 14:16 WIB Last Updated 2021-07-11T08:19:53Z
PAYAKUMBUH, fajarharapan.id - Disaat Aparatur Sipil Negara (ASN) sedang terlelap tertidur, dia bangun. Lalu, di saat ASN tengah menikmati libur bersama keluarga. Tapi, dia tetap mengantor atau bergabung dengan warganya. Itulah jabatan seorang lurah, yang selama ini tak pernah diketahui banyak orang.

Hal itu jualah, yang dilakukan Kepala Kelurahan Balai Panjang Kecamatan Payakumbuh Selatan Wandri, S.Sos disaat diberi libur tetap bergabung melaksanakan Gotong Royong (Goro) membersihkan saluran irigasi atau tali bandar dikelurahan setempat, Minggu, (11/7/2021).

Goro kali kedua bersama Kelompok Tani Tunas Muda bawah pimpinan atau selaku Ketua Dhonny M, mengadakan Goro di Sawah Tangah Pajak Ngalau, Kelurahan Balai Panjang sampai ke batas kota di Piladang Kabupaten Lima Puluh Kota.

Di sela - sela melaksanakan Goro, Lurah Wandri dihampiri media mengatakan, tujuan goro adalah untuk melancarkan air sawah pertanian di sawah tangah pajak ngalau, karena selama ini belum pernah di gorokan dan para petani sangat kewalahan untuk mendapatkan air untuk sawah pertanian.

Dan untuk mewujudkan harapan petani dengan lancarnya air ini mudah-mudahan makin meningkat hasil pertanian dari yang sebelumnya.

'Alhamdulilah, dengan melakukan Goro, saat ini air sudah mulai lancar, walau di hulu nya masih banyak yang bocor karena kepiting, dan menurut rencana goro ini akan berlanjut sampai tali bandar tidak ada lagi yang bocor", kata Wandri.

Kedepannya, harapan para petani kepada Dinas Pertanian Kota Payakumbuh, kalau memungkinkan di buatkan jalan sepanjang pinggir tali bandar, agar dapat dilewati atau dimanfaatkan untuk mengangkut pupuk dan hasil pertanian, pungkas Wandri.

Tampak hadir menyatu dengan masyarakat melakukan Goro tersebut terdiri beberapa unsur perangkat kelurahan yakni Ninik Mamak, Ketua LPM. Doni Saputra, S.Sos, Ketua RW dan RT serta Pembina BPP. Pertanian. (Rel/Zik)

ADSEN KIRI KANAN