Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Kunjungi Rumah Warga Anggota Satgas Terkesan Budidaya Tanaman Bonsai

Selasa, 06 Juli 2021 | 14:27 WIB Last Updated 2021-07-06T07:27:44Z



Pati, Fajarharapan.id -Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga masyarakat Desa Tamansari menjadi salah satu cara anggota dari Satgas TMMD Reguler Ke-111 Kodim 0718/Pati untuk menjalin kemanunggalan dengan warga masyarakat.


Kali ini sambil mengisi istirahat siang di sela-sela pengerjaan pengecoran jalan, anggota Satgas TMMD Kodim Pati melaksanakan anjangsana ke rumah salah satu pengembang budidaya tanaman Bonsai, yakni Solikin (32) Warga Dusun Pandaan, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken.


Tanaman bonsai adalah salah satu jenis tanaman yang lucu dan mempunyai bentuk yang berbeda dari tanaman pada umumnya. Karena keunikannya, tanaman bonsai menjadi salah satu tanaman yang dibudidayakan secara profesional ataupun bisa dirawat langsung.


Terlihat di depan rumah Solikin terdapat sejumlah tumbuhan hias berupa bonsai, dan saat itu membuat anggota Satgas TMMD Reguler Ke-111 Kodim Pati tertarik untuk melihat mengetahui cara pembuatan dan perawatannya.


Solikin menyampaikan hal yang paling utama sebelum memulai budidaya tanaman hias adalah proses pemilihan bibit. Bibit yang dipilih kemudian ditanam,haruslah bibit yang berkualitas yang mempunyai daun berwarna hijau,sehat dan kebal terhadap serangan hama penyakit.


Akan lebih bagus lagi jika bibit tersebut berasal dari cangkokan dan stek. Memiliki banyak akar lateral atau serabut namun tidak berakar tunggang. Dalam perawatannya sebetulnya tidak terlalu sulit namun butuh kesabaran dan ketelatenan. Ada baiknya setelah kita mengambil bibit dan sudah hidup sesegera mungkin untuk memangkasnya secara teratur agar tidak mengurangi keindahan dan supaya bonsai tidak menyimpang.


“Setidaknya nantinya mengetahui bagaimana membuat bonsai yang benar dan memiliki hasil yang bagus. Selain untuk kerajinan, pembuatan bonsai nantinya juga akan bisa untuk mengembangkan sektor ekonomi,” terang Kopda Bowo, yang saat itu melihat langsung proses pembuatan bonsai.

ADSEN KIRI KANAN