Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Jaga Kesuburan Tanaman Kacang Hijau, Sertu Kurdiyanto Bantu Petani Cabut Rumput Liar

Kamis, 15 Juli 2021 | 17:55 WIB Last Updated 2021-07-15T10:55:34Z




Pati, Fajarharapan.id -Anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 111 TA.2021 Kodim 0718/Pati, bantu petani cabut rumput (Gulma) yang menggangu perkembangan tanaman kacang hijau di sawah milik Sumiyati (64) warga Dusun Pandahan Rt.03 Rw.02 Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Selasa (13/7/2021).


Gulma merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu produktivitas tanaman dan merupakan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman yang kita budidayakan, kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman kacang hijau yang sedang tumbuh.


Pada kesempatan tersebut Sertu Kurdiyanto mengatakan gulma pada tanaman kacang hijau ini biasanya berbentuk rumput yang menyerupai padi, atau sering disebut Gulma pada lahan persawahan harus segera ditanggulangi agar pertumbuhan tanaman kacang hijau bisa tumbuh dengan baik dan apabila dibiarkan maka tanaman kacang hijau yang ditanam akan lambat perkembangnya,” ungkapnya.


Iya juga menjelaskan, Gulma adalah salah satu kendala utama dan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen. “Gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan tanaman kacang hijau dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya,” jelasnya.


Sumiyati (64) pemilik lahan sawah yang dibantu anggota Satgas TMMD melakukan pembersihan rumput diantara tanaman kacang hijaunya mengucapkan banyak terima kasih. “Saya sangat berterima kasih kepada bapak TNI yang sedang bekerja membangun di desa kami, tapi masih bisa menyempatkan diri membantu saya,” ujarnya.

ADSEN KIRI KANAN